PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMASI REJECT START DI MESIN EXTRUDER MENGGUNAKAN METODE PDCA DI PT WAHANA DUTA JAYA RUCIKA

Annisa Indah Pratiwi, Yusuf Ari Wibowo

Abstract


Abstrak
Perkembangan bisnis meningkat semakin ketat memberikan dampak terhadap persaingan bisnis baik di pasar domestik maupun di pasar internasional. Salah satu cara agar bisa memenangkan kompetisi dengan,memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan oleh sehingga bisa mengungguli produk yang dihasilkan oleh pesaing. PT. Wahana Duta Jaya Rucika adalah sebuah perusahaan manufacture yang berdiri sejak tahun 1973 dengan hasil produksi berupa pipa PVC, fitting (sambungan pipa), dan lem penyambung pipa PVC untuk keperluan perpipaan maupun drainase Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau reject yang tinggi dengan menetapkan standar toleransi reject sebesar 1,6 % dari jumlah produksi. Namun di dalam proses produksi dari beberapa data cacat product yang diambil reject start di mesin 21 selalu berada di tiga terbesar pada tiga bulan terakhir. Reject Start memberi kontribusi terbesar dibandingkan seluruh reject di Line 21 dan reject melebihi batas yang ditetapkan yaitu 281.33 % (Data bulan September-Oktober-November). Melihat permasalahan yang terjadi tersebut, oleh karena itu perusahaan memerlukan pengendalian kualitas yang berguna untuk mengurangi dan menekan terjadinya cacat produk sesuai dengan yang diharapkan. Dan kegiatan pengendalian kualitas tersebut dilakukan dengan menggunakan metode pengendalian kualitas dengan alat bantu dasar pengendalian kualitas (QC 7 tools) dan siklus Plan- Do-Check-Action(PDCA). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa problem reject start di mesin extruder mengalami penurunan yakni reject start di mesin extruder mengalami penurunan yakni sebelum perbaikan adalah 281,33% menjadii 100% setelah perbaikan.
Kata Kunci : PDCA, Seven Tools, Quality

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anupindi, Ravi., Sunil Chopra, Sudhakar D.Desmukh, Jan A. Van Mielgen. Dan Eitan Zemel. 2011. Managing Business Process Flows. Jakarta

Dorothea, Wahyu Ariani. 1999. Manajemen Kualitas, Edisi Pertama, Penerbit Universitas Atma jaya Yogyakarta

Gasperz, Vincent. 2001. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas,. PT. Gramedia Pustaka utama, Jakarta

Gasperz, Vincent. 1998. Statistical Proses Control Dalam Manajemen Bisnis Total, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Meri Prasetyawati. 2014. Pengendalian Kualitas Dalam Upaya Menurunkan Cacat /Appearance Dengan Metode Pdca Di Pt. Astra Daihatsu Motor, Penerbit Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Faiz Al Fakhri.2010. Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di Pt. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik, Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.