Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Salah satu bahan penunjang yang penting untuk proses cetak intaglio yaitu larutan penyapu. Larutan merupakan larutan yang terdiri dari air lunak (softwater)±99%, soda kaustik ±0,3% dan surfaktan ±0,3%. Kualitas larutan penyapu harus dapat menyapu dan melarutkan tinta intaglio tersebut.Dalam proses produksinya, pembuatan larutan penyapu ini dilakukan secara daur ulang(recycling) dengan sistem close loop. Kulaitas hasil daur ulang larutan penyapu harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui apakah sistem tersebut mampu untuk selalu menyediakan larutan dengan kualitas yang baik,maka dilakukan analisis kapabilitas proses dengan melakukan analisis pada kadar soda kaustik (NaOH) pada larutan penyapu hasil daur ulang. Analisis kadar soda kaustik (NaOH) dilakukan dengan metode titimetri. Dari analisisi kapabilitas proses didapat nilai indeks Cpl >1, maka disimpulkan sistem unit aquasave capable.
Keywords: titimetri, soda kaustik, larutan penyapu, kapabilitas

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Cruickshank B. J. dan Chang R.. (2002). General Chemistry: The Essential Concepts. McGraw-Hill.
  3. Gasperz, Vincent. (1998). Statistical Proses Control Dalam Manajemen Bisnis Total, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
  4. Gaspersz,Vincent (2002). Total Quality Management Edisi 2. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  5. Grant, Eugene (1993). Pengendalian Mutu Statistik, Jilid 1, Edisi 6, Terjemahan Hudaya Kandahjaya. Jakarta : Erlangga.
  6. Mitra,Amitava, (1998). Fundamental of Quality Control and Improvement, 2nd edition. New Jersey : Prentice Hall.
  7. Moungometry, Douglas C, (1993). Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik, Edisi 2. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
  8. Day, R.A. dan A.L. Underwood., (2002). Analisis Kimia Kuantitatif, Edisi 6. Jakarta : Erlangga.