KAJIAN PERENCANAAN PERSEDIAAN YANG OPTIMAL DENGAN METODE EOQ PADA PT. XY

Sri Suharti

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besar jumlah atau quantity yang harus di pesan untuk masing-masing material per customer dengan menggunakan metoda EOQ, menentukan besar persediaan pengaman (Safety stock) yang ideal yang harus disediakan, menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan kembali (Reorder point) dari masing-masing material per customer, menentukan biaya total persediaan material (TIC) yang harus dikeluarkan oleh PT. XYZ. Data penelitian merupakan data dari bulan Januari 2015 sampai dengan Desember 2015. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode EOQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian yang optimal menurut Metode EOQ selama periode tahun 2015 untuk setiap kali pesan lebih besar daripada yang dilakukan perusahaan. Sedangkan total biaya persediaan (TIC) lebih kecil daripada yang dilakukan perusahaan yaitu dapat menghemat sebesar 60.5%. Implementasi metode EOQ dapat direkomendasikan untuk mengetahui kuantitas pemesanan atau pembelian optimal dengan tujuan meminimalkan biaya persediaan yang terdiri dari biaya pemesanan dan biaya penyimpanan.

Kata Kunci : Persediaan, Economic Order Quantity, Reorder Point, Safety Stock, Total biaya persediaan, biaya pemesanan, biaya penyimpanan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA 1. Arman Hakim Nasution, Yudha Prasetyawan. (2008). Perencanaan & Pengendalian Produksi. edisi 1. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. 2. Diana Khairani Sofyan. (2013). Perencanaan & Pengendalian Produksi edisi 1. Graha Ilmu. Yogyakarta 3. Mutiara Simbar, Theodora M. Katiandagho, Tommy F. Lolowang, Jenny Baroreh. (2014). "Analisis Pengendalian Bahan Baku Kayu Cempaka pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Metode EOQ". Jurnal Ilmiah. Universitas Sam Ratulangi Manado. 4. Nanang Martono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. edisi revisi 2. RajaGrafika Persada. Jakarta. 5. Rosnani Ginting. (2012). Sistem Produksi edisi 1. Graha Ilmu, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.