Analisis Perencanaan Strategi Sistem Dan Teknologi Informasi Pada SMK Yamatu Tualang

Main Article Content

Syaifullah
Nora Ferwati
Megawati
Tengku Khairil Ahsyar

Abstract

SMK Yamatu Tualang merupakan sekolah yang termasuk dalam kelompok sekolah bisnis dan manajemen serta teknologi dan rekayasa. Dalam menjalankan proses sebagai organisasi yang bergerak dibidang pendidikan SMK Yamatu Tualang memiliki beberapa permasalahan baik dari kondisi internal maupun kondisi eksternal diantaranya 80% sekolah tidak meyediakan sarana untuk penerapan TI dan komunikasi serta sekolah mengalami ketertinggalan dari beberapa sekolah pesaing dalam penerapan SI/TI. Penelitian ini bertujuan untuk membuat portofolio aplikasi perencanaan strategi sistem dan TI sebagai perencanaan kedepan pada SMK Yamatu Tualang. Perencanaan strategi sistem dan TI ini menggunakan metode Ward and Peppard dan tools yang akan digunakan untuk analisa antara lain menggunakan analisis SWOT, CSF, Porter Five Forces dan Mc Farlan Strategic Grid. Dari hasil analisis dapat dirumuskan portofolio aplikasi perencanaan strategi sistem dan TI yang dibutuhkan SMK Yamatu Tualang yaitu website resmi sekolah, SI akademik, SI kepegawaian, aplikasi E-kurikulum, SI PPDB online, SI alumni dan karir serta SI perpustakaan.

Article Details

Section
Articles

References

Darmizal, Teddie, dkk. “Perencanaan Strategi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi”. Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, Pekanbaru. 2015.
Jogiyanto, HM. “Sistem Teknologi Informasi”. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2005.
Jogiyanto, HM. “ Sistem Informasi Strategik”. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2010.
Jogiyanto, HM. “ Sistem Teknologi Informasi Bisnis Pendekatan Strategi”. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 2013.
Kristanto, Andri.” Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya”. Penerbit Gava Media, Yogyakarta. 2003.
Prasojo dan Riyanto. “Teknologi Informasi Pendidikan”. Penerbit Gava Media, Yokyakarta. 2010.
Rangkuti, Freddy.”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2008.
Wahyono, Teguh.2004.”Sistem Informasi (konsep dasar, analisis desain dan implementasi)”. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 2004.
Wedhasmara, Ari. “Langkah-langkah Perencanaan Strategi Sistem Informasi dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard”. Jurnal Sistem Informasi Vol. 1 No.1, April 2009.