Main Article Content

Abstract

ABSTRAK Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Metode yang digunakan untuk menyembunyikan pesan pada media digital tersebut berbedaâ€beda. Contohnya, pada berkas image pesan dapat disembunyikan dengan menggunakan cara menyisipkannya pada bit rendah atau bit yang paling kanan Least Significant Bit (LSB). Penelitian ini adalah untuk dapat memberikan keamanan pada pesan rahasia untuk menyembunyikan pesan tersebut pada gambar menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) dengan tools yang digunakan yaitu matlab. Kata kunci : steganografi, LSB, matlab ABSTRACT Steganography is the art and science of writing hidden messages or hide messages in a way that besides the sender and the recipient, no one knows or realizes that there is a secret message . The method used to hide messages in digital media is different . For example , the image file message can be hidden by using paste on low bit or bits of the rightmost least significant bit ( LSB ) . This research is to be able to provide security at a secret message to the message conceal the image using the method of Least Significant Bit ( LSB ) with the tools that are used ie matlab . Keywords : steganography , LSB , matlab

Article Details

References

  1. Alatas, Putri, 2009, “Implementasi Teknik Steganography dengan Metode LSB pada Citra Digital”.Universitas Gunadarma.
  2. Ariyus, Deny, 2009, “Keamanan Multimedia”, Yogyakarta, ANDI.
  3. Hapsari, Dian, Dwi dan Bonowosari, Yuniar, Lintang, “Aplikasi Vide teganography dengan Metode least significant bit (lsb).
  4. Noertjahyana, Agustinus, Hartono, Samuel, dkk. “Aplikasi Metode Steganography Pada Citra Digital Dengan Menggunakan Metode LSB (Least Significant Bit).
  5. Jalid , Abdul, Alfian. “Aplikasi Pengamanan Data dan Informasi dengan Metode Steganografi LSB dan Algoritma Kriptografi Tripledes Menggunakan Bahasa Pemrograman C#”.
  6. Perdamean, Agus. “Implementasi Steganography Algoritma Elgamal dan Digital Signature Untuk Pengamanan Data Pada CV. Tridian Hariwangsa Palembang”.