LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATIONTECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY V.3 (ITIL V.3) DOMAINSERVICE TRANSITION (STUDI KASUS PEMDA KABUPATEN KARAWANG)

Shofa Shofia Hilabi, Baenil Huda

Abstract


Teknologi Informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan inti suatu organisasi dan bukan hanyas sebagai alat pendukung. Pemerintah daerah tetapi juga sebagai instansi pemerintahan, menjadikan Teknologi Informasi sebagai salah satu visi dan misi yang perlu dicapai. Dalam rangka mencapai good government berdasarkan Peraturan Menkominfo No. 41 Tahun 2007, dibutuhkan suatu pengelolaan TI agar dapat memastikan investasi TI menambah value dan selaras dengan tujuan instansi. Pemerintah saat ini belum memiliki prosedur dan kebijakan yang mengatur tentang pengelolaan layanan TI. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membahas tentang service E-Transition layanan Tekologi Informasi E-Goverrment., menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library V.3 (ITIL V.3) dengan domain Service Transition. Penelitian ini akan memberikan informasi tentang layanan (Service) dari sistem E-Government yang dapat dikterapkan di E-Government Kabupaten Karawang. Domain Service Transition ITIL V.3 ini memiliki 7 proses, yaitu transition planning and support, change management, release and deployment management, service asset and n configuration management, service valudation and testing,evaluation, dan knowledge management. E-Goverment. Tujuan dari Service Transition ini adalah memberikan layanan (Service) dari service SIMDA (Sistim Informasi Daerah) menjadi Teknologi E-Government. E-Government merupakan suatu service/layanan yang sangat penting bagi lembaga, pemerintahan sebagai suatu nilai dan tolak ukur keberhasilan penegelolaan administratif pemerintahan agar menjadi lebih baik, dan dapat mendukung pencapaian rencana strategis pemerintah untuk mencapai saran visi, misi dan tujuan lembaga tersebut, begitu halnya dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang. Hasil dari penelitian E-Service inii adalah sebuah kebijakan TI dan 5 prosedur terkait proses-proses di ITIL yang menjadi prioritas.

Full Text:

PDF

References


Majid Iqbal, M ichael Nieves, Sharon Taylor. Service Strategy; TSO (The Stationery Office) 2007. Published for the Office of Government Commerce (OGC)

Galup, S., Dattero, R., Quan, J., & Conger, S. 2009. An Overview of Information Technology Service Management. Communications of the ACM, 52(5)

Worthen, B. 2005. ITIL Power: why the IT infrastructure library is becoming the most popular process framework for running IT in America, and what is can do for you. CIO, 18(22), 1-5.

Knahl, Martin Hans. 2009. A Conceptual Framework for The Integration of IT Infrastrukture Management, IT Service Management and IT Governance. World Academy of Science, Engineering and Technolgy.

Peterson, RR. 2001. Information Governance : An empirical investigation into the differentiation and integration of strategic decision making for IT. The Netherlands : Tilburg University. Office of Government Commerce (OGC). 2007. The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle, 1st ed., The Satationery Office Norwich.

Pfitziger, Bernd dan Jestadt, Thomas. 2011. Orchestration of Service Design and Serice Transition. Proceedings of the Federated Conference on Computer Science and Information Systems (541–544). IT Service Management Forum, An Introductory Overview of ITIL V.3.ITIL Introduction. On Demand IT Service Management.IT Service Management Forum. 2007. Foundations of IT Service Management Based on ITIL V3. ITSMF International. IT Service Management Forum. 2007. Foundations of IT Service Management Based on ITIL V3. ITSMF International.

Ronny Kountur. 2003. Metode Penelitian. PPM Jakarta.

Patton,Q. M., 2009, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Umar, H., 2002.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: SAGE Publications. Metode Riset Komunikasi Organisasi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F., 2001. Strategi Pemasaran (Edisi II), Yogyakarta: Andi Offset. Jurnal , ISSN 2303-1174,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.