RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS SUNDA-INDONESIA DENGAN METODE BINARY SEARCH BERBASIS ANDROID

Dinar Sugiri, Hanny Hikmayanti, Aries Suharso

Abstract


Bahasa merupakan jembatan untuk berkomunikasi. Di dunia ini banyak bahasa salah satunya adalah bahasa Indonesia, sebagai bahasa Nasional negara Indonesia. Tetapi banyak bahasa dari bagian daerah lain yang digunakan untuk berkomunikasi diantaranya adalah bahasa Sunda. Bahasa Sunda adalah bahasa “Ibu” bagi masyarakat Jawa Barat. Bahasa Sunda terutama dipertuturkan di sebelah barat pulau Jawa, di daerah yang dijuluki Tatar Sunda / Pasundan. Banyak sekali buku kamus bahasa sunda yang beredar tetapi buku tersebut justru menyulitkan karena pengguna harus mencari arti dari suatu kata di kamus secara manual, membuka perlembar dari kamus bahasa sunda, memakan waktu yang cukup lama dan kamus secara manual tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Berdasarkan masalah yang di dapatkan , akan di buat sebuah penelitian untuk merancang perangkat lunak Kamus sunda-Indonesia dengan metode binary search berbasis android . Diharapkan dengan adanya teknologi di masyarakat aplikasi kamus sunda indonesia ini dapat mempermudah dalam pencarian kata bahasa sunda. Tahapan penelitian menggunakan Metodologi SDLC dengan pendekatan prototipe yang tahapannya adalah identifikasi kebuthan pemakai, membuat prototipe, menguji prototipe, memperbaiki prototipe, pengembangan versi produksi, perangkat lunak ini beroperasi pada smartphone android minimum SDK jelly been. Tools yang digunakan untuk membuat perangkat lunak kamus sunda indonesia yaitu ADT Android studio, Hasil penelitian ini yaitu rancang bangun aplikasi kamus sunda-indonesia dengan metode binary search berbasis android yand di lengkapi dengan terjemahan, kalimat,inputan kata untuk menambah kosa kata pada kamus dan tentang aplikasi yang memberi informasi kamus sunda-indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arifiyanto Hadinegro, N. A. (2013). perancangan aplikasi mobile untuk pengenala aksara jawa. jurnal teknik informatika, 5.

Arzan Muharom, R. c. (2013). pengembangan aplikasi sunda berbasis android menggunakan metode rapid aplication development (RAD). jurnal algoritma, 11.

Dwi eli kurniawan, R. s. (2013). Aplikasi kamus aneka bahasa daerah berbasis smartphone android. jurnal teknoloki komunikasi, 5.

El-Masry, A. G.-W. (2011). Mobile information communication technologies adoption in developing countries. Idea Group Inc (IGI).

geber, A. (t.thn.). 2013.

Hardjono, R. (1999). Ungkapan bahasa inggris sehari-hari. jakarta: Gramedia Pustaka.

Hip, D. R. (2011). Android studio.

Idin Baidillah, U. A. (2008). Direktori Aksara sunda Untuk Unicode. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Istiyanto, A. S. (2009). Mobile Learning. Prespektif & Tantangan Pengembangan M-Learning, 87-96.

Kadir, A. (2014). Audio. Dalam Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi (hal. 45). Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2014). Prototipe. Dalam Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi (hal. 357). Yogyakarta: Andi.

Ladjamudin, A. b. (2013). Perancangan (Design). Dalam Analisis Dan Desain Sistem Informasi (hal. 39). Yogyakarta: Graha Ilmu.

M.Salahudin, R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak . Dalam Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (hal. 25). Bandung: Informatika.

Nazruddin Safaat H. (2014). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: informatika.

Nugroho, A. (2009). Rekayasa perangkat lunak menggunakan UML dan Java. Yogyakarta: CV Andi .

PH.D, R. S. (2002).

Prawirasumantri. (2007). bahasa sunda masa kini. Bandung: erlangga.

Priharyanto, I. (2012). Apllikasi kamus bahasa Indonesia-Jawa-Jawa krama berbasis android. jurnal informatika, 12.

Prihatna. (2014, June 28). Jenis Jenis Struktur Navigasi Pada Website. Dipetik

Rachma Hakim S, I. S. (2009). Mastering Java. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Ridwan. (2010).

Roger S, p. (2002). pendekatan praktisi edisi 1 rekayasa perangkat lunak. yogyakarta: andi.

Rossa A S dan M Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

n Tablet PC Berbasis Android (hal. 6-9). Bandung: Informatika.

Safaat.H, N. (2014). DVM. Dalam Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android (hal. 4-5). Bandung: Informatika.

Sugiono. (2013).

Syafaruddin, J. n. (2013). sistem aplikasi kamus penerjemah bahasa indonesia lontara bugis berbasis metode binary search dan parsing tree. jurnal teknik, 1.

T.Munawar, C. (2009). Panduan Baca Tulis Aksara Sunda. Bandung: Yrama Widya.

Triady, D. (2013). Os android dan poerkembanganya. Dalam D. Triady, Bedah Tuntas Fitur Android (hal. 1-2). Yogyakarta: Galangpress.

Zuchridin Suryawinata, S. H. (2003). Bahasan teori dan penuntun praktis menerjemahkan. Yogyakarta: kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.