PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MONITORING HARDWARE IT BERBASIS WEB DENGAN METODE KANO DAN MODEL VIEW CONTROLLER : Studi Kasus Pada PT. Kalbe Morinaga Indonesia

Saepul Aripiyanto

Abstract


Abstrak Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, maka perusahaan harus memiliki data yang realtime dan akurat. Salah satunya adalah data asset hardware IT. Untuk mengelola asset Hardware IT dengan baik maka diperlukan sebuah sistem informasi monitoring Hardware IT yang dapat memenuhi kebutuhan user dan menghasilhkan data yang realtime dan akurat. metode Kano diterapkan untuk menetukan fitur-fitur atau fungsi-fungsi yang nantinya akan ada pada sistem informasi yang akan dikembangkan, sedangkan untuk pengembangan sistem informasi menggunakan SDLC yaitu dengan model Waterfall dan untuk untuk arsitektur desain Aplikasi menggunakan metode Model View Controler (MVC). Bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter. Pengujian sistem dilakukan dengan 3 tahapan pengujian yaitu Forum Group Discusion (FGD), software penguji web server stress tool 7, dan Balck box testing. Untuk pengujian sistem dengan metode Forum Group Discusion (FGD) hasil nya sistem dapat diterima oleh forum, dan untuk pengujian dengan software webserver stress tool 7 hasilnya tidak ditemukan error pada sistem tersebut, sedangkan untuk pengujian yang terakhir yaitu dengan black box testing hasilnya seluruh fitur dalam sistem dapat berjalan dengan baik. Alhasil dengan metode Kano dan desain arsitektur MVC dapat menghasilkan suatu pendekatan yang pada saat analisis user requirementnya dapat mnangkap seluruh kebutuhan user dan menampilkan desain arsitektur yang mudah dipahami, sehingga dalam pengembangan sistem dapat dilakukan secara lebih efesien.

Kata Kunci : sistem informasi, metode kano, PHP, Monitoring Hardware IT, MVC, Codeigniter, SDLC, Waterfall.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Raymond McLeod, Jr, Schell, 2004, Management System Information , 8th ed, George.

Wahana, 2005, Seri Buku Pintar Menjadi Seorang Desainer Web, Andi Publisher, Yogyakarta

Wijaya Tony, 2011, Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual,QFD,dan Kano disertai Contoh Aplika dalam Kasus Penelitian, Indeks, Jakarta.

Awan Pribadi Basuki, 2014, Proyek Membangun Website Berbasis PHP Dengan Codeigniter, Loko Media, Yogyakarta.

Sugiyono, 2014, Cara mudah menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Alfabeta, Bandung.

Indra Kharisma Raharjana, 2013, Memprioritaskan kebutuhan perangkat lunak menggunakan model kano denga menampilkan rancangan antarmuka perangkat lunak, Jakarta.

Kitzinger, J, 1996, Introducing focus groups. British Medical Journal, 311, 299-302.

Sri Nurhayati, Riani Lubis, Tati Harihayati, 2014 , Analisis kebutuhan fungsional sistem informasi di universitas komputer indonesia menggunakan metode kano, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.