Main Article Content

Abstract

Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT), saat ini semakin merambah ke-berbagai bidang kehidupan masyarakat tidak terkecuali bidang ketahanan pangan. Dari sisi yang berbeda dapat dilihat bahwa dengan adanya ICT bagaimana suatu proses transfer informasi dapat dilakukan kapan saja tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Pasar merupakan kegiatan ekonomi masyarakat, hal ini didasari atau didorong faktor perkembangan ekonomi yang pada awalnya hanya bersumber pada problem untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia (kebutuhan pokok). Produk yang dapat kita temukan di pasar salah satunya adalah produk pangan khususnya sembilan bahan pokok (SEMBAKO), sembako adalah kebutuhan pokok masyarakat kita, dan merupakan komoditi utama sebagai acuan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah : a) Dapat mengumpulkan sumber data harga yang valid dari relawan pedagang dan stakeholder untuk diinformasikan kepada masyarakat. b)Dapat membangun aplikasi informasi harga produk pangan dan berbasis Mobile yang dapat berjalan di Sistem Operasi Android. Dalam menentukan harga digunakan suatu metode perhitungan, menurut Marcelina Rizka Falevy dkk (2012),[5] Simple Moving Average atau juga disingkat SMA adalah Moving Average paling sederhana dan tidak menggunakan pembobotannya dalam perhitungan terhadap pergerakan closing price. Meskipun sederhana, SMA cukup efektif dalam menentukan trend yang sedang terjadi di market. Cara pembacaannya pun sederhana.
Keywords: ICT, pasar, produk pangan dan sembako, Mobile, Android,Moving Average.

Article Details

References

  1. REFERENSI
  2. [1] Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakart : Graha Ilmu.
  3. [2] Eddy Afrianto, dkk (2008), Pengawasan Mutu Bahan/Produk Pangan. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
  4. [3] Gilbran Imami (2015), Aplikasi pada Perangkat Mobile untuk Mendukung Penulisan Program, Jurnal TI. Bandung
  5. [4] Janner Simarmata (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
  6. [5] Marcelina Rizka Falevy dkk (2012). Sistem Peramalan Harga Sembako Berbasis Moving Average Dengan Brew Platform Sebagai Mobile Interfaces. Surabaya.
  7. [6] M. Shalahuddin, Rosa A.S. (2010). Java di Web. Bandung : Informatika.
  8. [7] Murya Arief Basuki, (2009), Analisa Website Universitas Muria Kudus, Jurnal Sains, Vol.2 No.2, 2009.
  9. [8] Nazruddin Safaat H (2012). Program Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika.
  10. [9] Suparto Darudiato dkk (2006). Analisis Dan Perancangan Basis Data Eksplorasi Berbasis Objek Studi Kasus Kondur Petroleum SA. PT.UPS : Jiurnal SNATI.
  11. [10] Utami Dewi dan F. Winarni (2014). Pengembangan Pasar Tradisional Menghadapi Gempuran Pasar Modern di Kota Yogyakarta. Jurnal Akutansi Negara. Yogyakarta
  12. [11] Wahyu Lukman Hakim (2011). Prototyping Model.
  13. http://id.scribd.com/doc/58298607/ Pengertian-Prototype (18-01-2016, 02.00). ¬¬¬¬¬¬
  14. [12] Jogiyanto H.M, Analisis & Desain, Yogyakarta, C.V Andi Offset, (2005).