Implementasi Algoritma Username, Resolution, Color, and Hash Dalam Otentikasi Login Sistem

  • Eza Budi Perkasa STMIK Atma Luhur
Keywords: Fungsi Hash, Kriptografi, Metode Least Significant Bit, Otentikasi Login, Steganografi

Abstract

Algoritma Username, Resolution, Color, and Hash (URCH) adalah sebuah algoritma yang digunakan dalam proses otentikasi login sistem. Algoritma ini bekerja dengan empat tahap pemeriksaan data. Dalam algoritma ini, pemeriksaan data tidak hanya dilakukan pada username dan password saja, melainkan juga passimage. Teknik pemeriksaan data tersebut merupakan penggabungan dari teknik kriptografi (fungsi hash) dan steganografi (metode Least Significant Bit) pada citra digital. Penelitian ini akan memaparkan cara mengimplementasikan algoritma URCH ke dalam sebuah aplikasi sederhana. Diharapkan algoritma URCH dapat menjadi standar dalam algoritma otentikasi login sistem

References

[1] E. Handayani, W. L. Pratitis, A. Nur, S. A. Mashuri, dan B. Nugroho, “Perancangan Aplikasi Kriptografi Berbasis Web Dengan Algoritma Double Caesar Cipher Menggunakan Tabel ASCII,” dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, 2017, hal. 241-246.
[2] C. A. Sari, E. H. Rachmawanto, D. W. Utomo, dan R. R. Sani, “Penyembunyian Data Untuk Seluruh Ekstensi File Menggunakan Kriptografi Vernam Cipher dan Bit Shiffting,” Journal of Applied Intelligent System, vol. 1, hal. 179-190, Okt. 2016.
[3] R. K. Hondro. “Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi SMS Dengan Algoritma Zig Zag Cipher Pada Mobile Phone Berbasis Android,” Pelita Informatika Budi Darma, vol. X, Jul. 2015.
[4] K. Aryasa dan Y. T. Paulus, “Implementasi Secure Hash Algorithm-1 Untuk Pengamanan Data Dalam Library Pada Pemrograman Java,” Citec Journal, vol. 1, hal. 57-66, Nov. 2013.
Published
2020-04-29