RANCANGAN MODEL PENILAIAN KINERJA DENGAN METODE MANAJEMEN BERDASARKAN SASARAN (MANAGEMENT BY OBJECTIVE) DAN PENSKALAAN GRAFIK DI PT ACI

Linda Mora Siregar

Abstract


Abstrak

Dalam sebuah perusahaan, kinerja karyawan dapat dikatakan sebagai hasil atau tingkat keberhasilan karyawan secara keseluruhan, selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target, sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Dengan adanya penilaian kinerja maka perusahaan akan mengetahui seberapa baik karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya, hal ini dikarenakan semakin baik karyawan dalam melaksanakan pekerjaan, maka akan semakin banyak kontribusi yang dapat diberikan karyawan terhadap perusahaan, dan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan, maka karyawan tersebut harus mendapatkan imbalan (reward) yang adil sesuai dengan kinerjanya. Noe dkk (2003:388) berpendapat bahwa penilaian kinerja merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh organisasi untuk memperoleh informasi tentang seberapa baik karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. PT ACI merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa manajemen sumber daya manusia, dimana dalam pengelolaan karyawannya belum memiliki model penilaian kinerja yang bersifat obyektif. Melihat pentingnya fungsi penilaian kinerja ini, maka penelitian ini dimaksudkan untuk merancang model penilaian kinerja secara lebih efektif sesuai dengan visi dan misi perusahaan, yaitu dengan menggabungkan metode manajemen berdasarkan sasaran (management by objective) dan metode penskalaan grafik. Dalam penyusunan model penilaian kinerja dengan metode manajemen berdasarkan sasaran (management by objective) dan metode penskalaan grafik, dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap pertama adalah perencanaan pembuatan model penilaian kinerja, kedua analisis jabatan, ketiga penyusunan metode manajemen berdasarkan sasaran (management by objective), keempat penyusunan metode penskalaan grafik dan kelima adalah penyusunan formulir penilaian kinerja. Pembuatan rancangan penilaian kinerja ini akan menggunakan metode kuesioner, observasi dan juga wawancara untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi dan data.


Kata Kunci : Penilaian kinerja, Metode manajemen berdasarkan sasaran (management by objective), Metode penskalaan grafik.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad S. Ruky, 2006. Sistem manajemen kinerja, performance management system. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ashar Sunyoto Munandar. 2001. Psikologi industri dan organisasi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Desslers, Gary. 2004. Manajemen sumber daya manusia.Terjemahan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

LOMA’S Competency dictionary, 1998.

Noe, Raymond A.dkk. 2003. Human resources management. New York. Mac Graw Hill

Veithzal Rivai, 2006. Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.