EVALUASI PELATIHAN DI PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK

Lania Muharsih, Ratih Saraswati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui evaluasi training di PT. Pupuk Kujang. PT. Pupuk Kujang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia. Lembar evaluasi PT. Pupuk Kujang dibuat berdasarkan teori Kirkpatrick yang terdiri dari empat level evaluasi, yaitu reaksi, learning, behavior, dan hasil. Pada level 1 yaitu reaksi, di lembar evaluasi tersebut sudah sesuai dengan teori dari Kirkpatrick, pada level 2 yaitu learning seharusnya diadakan pretest dan posttest namun hanya dibuatkan skala. Pada level 3 yaitu behavior, sudah sesuai teori namun pada faktor penilaian nomor 3 kuantitas dan produktivitas kerja semestinya tidak perlu dimasukkan karena sudah termasuk ke dalam level 4. Pada level 4 yaitu hasil, disini masih sangat kurang untuk mendapatkan gambaran hasil dari pelatihan yang sudah dilaksanakan karena hanya berdasarkan dari jawaban atasan tanpa bukti dokumen apapun.

Kata kunci: Evaluasi Pelatihan, Teori Kirkpatrick

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dianur Hikmawati. 2012. Evaluasi Efektivitas Program Pelatihan Service Excellence di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Evaluating Instructional Design. 2015. www.nwlink.com (Diakses 20 Maret 2018)

Kirckpatrick, Donald L., James D. 2009. Evaluating Training Programs: The Four Levels, 2ed, Berret-Kohler Publisher, San Fransisco.

Saleh, Akhmad Muwafik. 2016. Manajemen Training. UB Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.