PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA DI PANTI SOSIAL YAYASAN RUMAH HARAPAN

Laila Uthomah, Nuram Mubina, Ayu Aniisatuzzulfi

Abstract


ABSTRAK Penyesuaian sosial terjadi dalam lingkup hubungan sosial tempat individu hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Penyesuaian sosial kerap kali menjadi salah satu masalah internal dalam lembaga sosial seperti panti sosial. Kegiatan di panti sosial yang rutin dan sudah terjadwal serta pengawasan yang cukup ketat, tidak jarang menimbulkan masalah penyesuaian sosial pada remaja yang tinggal dipanti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyesuaian sosial pada remaja panti sosial. Subjek dalam penelitian ini merupakan dua remaja laki-laki dengan karakteristik usia 14 tahun yang tinggal di Panti Sosial Yayasan Rumah Harapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis sehingga pengambilan data dilakukan secara intensif, mendalam, dan komprehensif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Instrument yang digunakan untuk pengumpulkan data adalah manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dengan pengumpulan data, horisonalisasi, dan membuat unit makna untuk mendapatkan textural description. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek menampilkan perilaku penyesuaian sosial yang berbeda. Perilaku yang ditampilkan subjek MF menunjukkan adanya kecemasan, senang mencemooh orang lain, kurang memiliki rasa tanggung jawab, menarik diri dari pergaulan, tidak percaya diri dengan kondisi fisiknya, Sedangkan perilaku subjek KM menunjukkan ia mampu menerima tanggung jawab secara sosial, percaya diri, mampu mengembangkan potensi diri.
Kata kunci : Panti Asuhan, Penyesuaian Sosial, Remaja.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustian, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Refika Aditama Andani, Feliza Nia Diva. 2015. Penyesuaian Sosial Anak Remaja Di Panti sosial Sinar Melati. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Hurlock, E.B. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Markam, Suprapti Sumarmo. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press). Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Penerbit Erlangga Sari, Evita. 2015. Hubungan antara Konsep Diri, Kematangan Emosi, dan Penyesuaiann Sosial Pada Siswa SMA Negeri 1 Ujung Batu. Pekan baru : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Septiyaningtyas, Retno. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Saputra, Wahyu D. 2016. Peranan Panti Asuhan Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Anak Di Panti Asuhan Mahmudah Di Desa Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Lampung : Universitas Lampung. Widodo, Langgeng. 2015. Penyesuaian Sosial Remaja Tunadaksa Bukan Bawaan Lahir. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Ayu Febriasari. (2007). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan Al Bisri Semarang : Fakultas Ilmu Psikologi - Universitas Negeri Semarang.

Listyawati. 2010. Pengentasan Anak Terlantar di Panti Asuhan Jamasba Kabupaten Bantul DIY. Yogyakarta : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS). Tricahyani, Ida A.R. dan Widiasavitri, Putu N. 2016. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di Panti Asuhan Kota Denpasar. Denpasar : Universitas Udayana. Karimah, Hadijah. 2008. Penyesuaian Sosial Siswa Pra Sekolah Ditinjau Dari Persepsi Ibu Dan Ayah. Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setiawan, A’an. 2011. Penyesuaian Diri. Diakses dari http://www.e-psikologi.com/ /2011/11/penyesuaian-diri.html pada hari senin, 27 Agustus 2018, pukul 04.26 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.