IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS CRITICAL THINKING PADA SISWA SMAN 1 KARAWANG

Main Article Content

M. Januar Ibnu Adham

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dalam pemilihan cara atau metode pembelajaran yang kurang berkembang pada proses pembelajaran di dalam kelas, hal tersebut menyebabkan ketidakefektifan dan keaktifan siswa dalam belajar, sehingga proses pembelajaran kurang diminati oleh siswa, sehingga capaian pembelajaran yang dihasilkannya pun menjadi kurang maksimal, tentu hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab besar bagi seorang guru tepatnya seorang pendidik di dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bermaksud memberikan suatu treatment bagi peserta didik yang di akomodir oleh guru demi mendapatkan pembelajaran yang bersifat aktif, reaktif dan solutif, maka dari itu peneliti menggunakan metode atau cara pembelajaran dengan menerapkan model Critical Thinking, dimana pembelajaran tersebut bertujuan untuk untuk membentuk karakter belajar siswa dalam ikut serta atau partisipasinya langsung dalam menyampaikan gagasan serta pemikirannya dengan lugas, cepat, tanggap dan tepat. Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitiatif, dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Selanjutnya dilakukan dengan analisis data yang di dalalmnya meliputi identifikasi data, reduksi, data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Pada hasil penelitian dibawah ini ditunjukkan bahwasannya guru harus memiliki wawasan dan pengetahua yang luas dalam membangun komunikasi dengan siswa dengan karakteristik upgrade, lebih meningkatkan skill pengintegrasian materi pembelajaran dengan contoh real yang ada di masyarkat sebagaimana diikuti dengan menerapkan model pembelajaran critical thinking dalam membangun tingkat tinggi berfikir kritis siswa.

Article Details

Section
Articles