PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Cahyono .

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi Crossword Puzzle terhadap Civic Knowledge peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 3 Subang. Metode penelitian kuasi eksperimen, desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel kelas XI IPA 1 kelas kontrol, kelas XI IPA 4 kelas eksperimen. Instrumen diolah menggunakan Software Minitab 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan Independent T-Test terhadap kedua nilai posttest. Hasilnya P-Value < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05, serta terdapat pengaruh positif model pembelajaran TPS dengan strategi crossword puzzle dengan nilai P-Value 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh model pembelajaran TPS dengan strategi crossword puzzle terhadap civic knowledge peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 3 Subang. Kata Kunci : Think Pair Share, Crossword Puzzle, Civic Knowledge

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita, Lie. (2008). Cooverative Learning, Mempraktikan Cooverativve Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo Arifin. (2009). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi. (2012). DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Branson, Margaret S, dkk. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Kerjasama LKIS dan The Asia Foundation Cholisin (2004). PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBK, Jurnal Racmi, Media Informasi, Komunikasi, dan Pengembangan Sumberdaya, Volume 04 No. 01 Mei. Yogyakarta: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Darmadi, Hamid. (2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, PT. Refika Aditama, Bandung. Maftuh, Bunyamin dan Sapriya. (2005). Pembelajaran PKn Melalui Pemetaan Konsep. Bandung: Jurnal Civicus. Jurusan PKn FPIPS UPI Nasution. (2009). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara Sa’dijah, Cholis. 2006. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS Malang: Lembaga Penelitian UM Sapriya, Maftuh Bunyamin. (2005). Jurnal Civicus: Implementasi KBK Pendidikan Kewarganegaraan dalam Berbagi Konteks. Bandung : Jurusan PMPKn FPIPS Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media Somantri.(2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran InovtifProgresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group UU Sisdiknas, (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Sinar Grafika Winarno, (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.