HUBUNGAN MATA KULIAH JATIDIRI BANGSA DENGAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN SEMANGAT NASIONALISME MAHASISWA (Studi Korelasi di Lingkungan Program Studi PPKn Universitas Buana Perjuangan Karawang)

Fitri Silvia Sofyan

Abstract


ABSTRACT This research is purposed to procure representation about correlations between national identity courses with the students’ insight into nationalism and the students’ spirit of nationalism in Program Studi PPKn UBP Karawang. This study used quantitative approach with a correlation study method. The data of this study was obtained through questionnaires and tests given to students in Program Studi PPKn UBP Karawang. Researcher revealed that: 1. The implementation of national identity as a general basic course included in personality development course in Program Studi PPKn UBP Karawang had been implemented very well and was able to make a significant contribution, which is in accordance to national identity’s goal itself. 2. Students in Program Studi PPKn UBP Karawang were believed to have a good insight into nationalism and a strong nationalism. 3. The application of national identity courses as a general basic course has a strong correlation and a great influence on the improvement of the students’ insight into nationalism and the spirit of nationalism in Program Studi PPKn UBP Karawang. Keywords: National identity course, nationality, insight on nationalism, spirit of nationalism, Program Studi PPKn UBP Karawang.
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai korelasi Mata Kuliah Jatidiri Bangsa dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa di Program Studi PPKn UBP Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan Mata Kuliah Jatidiri Bangsa sebagai mata kuliah dasar umum Universitas Buana Perjuangan Karawang sudah dilaksanakan dengan sangat baik dan mampu memberikan kontribusi yang besar sebagaimana tujuan dari Mata Kuliah Jatidiri Bangsa itu sendiri. 2. Mahasiswa di lingkungan Program Studi PPKn UBP Karawang memiliki pemahaman wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme yang baik. 3. Penerapan Mata Kuliah Jatidiri Bangsa sebagai mata kuliah dasar umum memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa di lingkungan Program Studi PPKn UBP Karawang. Kata kunci : Mata Kuliah Jatidiri Bangsa, Wawasan Kebangsaan, Semangat Nasionalisme, Program Studi PPKn UBP Karawang.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI Sumber Buku,

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Budimansyah dan Suryadi. (2008). PKn dan Masyarakat Multikultural. UPI : Sekolah Pascasarjana Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan.

Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : PPM. Maliki, Zainuddin. (2010). Sosiologi Politik: Makna Kekuasaan dan Transformasi Politik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Syaodih, Nana. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Rosda Karya Remaja.. Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta. Winataputra, U.S., & Budimansyah, D. (eds). (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional: Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran. Bandung: Widya Aksara Press. Sumber Jurnal dan Artikel Iriany, Ieke Sartika (2014). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol 08; No 01, hal : 5485 Lemhanas. (2013). Aktualisasi Semangat Kebangkitan Nasional Guna Memantapkan Wawasan Kebangsaan Lintas Generasi dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, Edisi 15, hal : 30-40.

Lemhanas. (2012). Memperkokoh NilaiNilai Pancasila di Seluruh Komponen Bangsa untuk Memantapkan Semangat Kebanngsaan dan Jiwa Nasionalisme Ke-Indonesiaan dalam Rangka Menangkal Ideologi Radikalisme Global. Jurnal Kajian Lemhannas RI, Edisi 14, hal :97-121. Winataputra, Udin S. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional. Jurnal Acta Civicus, Vol 1 Edisi Oktober (1). Wildan, Dadan. (2009). Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Era Reformasi Gelombang Kedua Untuk Mewujudkan Visi Indonesia 2015. Jurnal Sekretariat Negara Republik Indonesia, (14), hal :150-164. Wilodati. (2010) . Unity and National Harmony Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Sekretariat Negara Republik Indonesia, (16), hal : 150-173. Peraturan Perundang-Undangan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.