Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas4 SDNKarawangKulonIKabupatenKarawang

Tia Latifatu Sadiah

Abstract


Abstrak

Salah satu tugas seorang guru adalah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, didalamnya guru mempunyai tugas mengajar. Oleh karena itu guru hendaknya menguasai seluruh bidang studi, termasuk matematika. Di SDN Karawang Kulon I seorang guru merangkap sebagai guru kelas Semua mata pelajaran pokok diajarkan oleh satu guru. Akibatnya guru di SDN Karawang Kulon I belum dapat menguasai seluruh bidang studi pokok dengan baik, termasuk Ilmu Pengetahuan Alam. Ilmu Pengetahuan Alam memegang peranan penting dalam pendidikan masyarakat baik sebagai objek langsung (fakta, keterampilan, konsep, prinsip) maupun objek tak langsung (bersikap kritis, logis, tekun, mampu memecahkan masalah, dan lain-lain). Selain sebagai ilmu pengetahuan, IPA juga sebagai alat maupun sebagai pembentuk sikap yang diharapkan. Di SDN Karawang Kulon I, IPA menjadi mata pelajaran yang kurang diperhatikan oleh sebagian guru. Hal ini terbukti ketika proses pembelajaran guru tampak kurang antusias dalam menyampaikan materi. Dalam kegiatan pembelajaran di SDN Karawang Kulon I, sebelum menjalankan kegiatan belajar mengajar IPA di kelas 4, guru melakukan persiapan yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menyiapkan berbagai bahan pelajaran yang diperlukan. Berdasarkan uraian di atas, guru mencoba mencari jalan keluar dengan merubah pola mengajarnya seperti dengan menerapkan pendekatan yang 6 sesuai dengan sub pokok bahasan yang sedang dipelajari, misalnya dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Abstract:
One of the tasks of a teacher is to organize teaching and learning activities, in which the teacher has a teaching assignment. Therefore the teacher should master all fields of study, including mathematics. At Karawang Kulon I Elementary School a teacher concurrently as a class teacher All the main subjects are taught by one teacher. As a result, the teachers at the Karawang Kulon I Elementary School have not been able to master all major subject areas, including Natural Sciences. Natural Science plays an important role in public education both as a direct object (facts, skills, concepts, principles) and indirect objects (being critical, logical, diligent, able to solve problems, etc.). Aside from being a science, science is also a tool as well as an expected form of attitude. In Karawang Kulon I Elementary School, Natural Sciences became a subject that was not noticed by some teachers. This is evident when the teacher's learning process seems less enthusiastic in delivering the material. In the learning activities at Karawang Kulon I Elementary School, before carrying out science teaching and learning activities in grade 4, the teacher made preparations, namely preparing a lesson plan (RPP) and preparing various lesson materials needed. Based on the description above, the teacher tries to find a way out by changing his teaching pattern such as by applying the 6 approach in accordance with the sub-subject being studied, for example by applying the Contextual Teaching and Learning(CTL) approach.
Keywords: Learning Achievement. CTL Approach

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Abimanyu, Soli dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanTinggi DepartemenPendidikan Nasional. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Asyhar, Rayanandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Aqib, Zainal dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya. Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010.Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: ArRuzz Media. BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen PendidikanNasional. Cain, E. Sandra dan Evans, M. Jack. 1993. Sciencing An Involvement Approach to ElementaryScience Methods. Columbus: Merrill Publishing Company Daryanto dan Rahardjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Gava Media Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas Johnson, B Elaine. 2012. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar Mengasyikandan Bermakna. Bandung : Kaifa. Mulyasa, H.E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasikkan Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Kepel Press. Wisnu. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Contextual teaching And Learning (CTL) Berbasis Lingkungan Pada Siswa Kelas V SDN Bringin 02. Ejournal Unnes Vol.1 No.3 (2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.