PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Hanifah Rahmadani, Arrofa Acesta

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of application of the model Problem Based Learning on the understanding of the concept of V grade students of SD Negeri Unggulan Kuningan on the subjects of Social Studies IPS concept of Nature and Artificial in Indonesia. This research is a type of Quasi Experimental Design, while the research design using Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this study are all students of VA class which amounted to 25 students and VB which amounted to 27 students in Kuningan Elementary State Elementary School. The results showed that the model of Problem Based Learning influenced the students' concept of understanding. This can be seen from the significant differences between the two sample groups, the difference is the average value of pretest = 53.11 to 79.85 in the posttest of the experimental students' learning result. While the students' learning outcomes control group pretest average value = 49.6 to 59.4 on posttest. And based on t test results, showed that the value of t-count = 6.50 with 95% significance obtained t-tabel = 2.96. Then thitung (6.50) > t-table (2.96), meaning that the model of Problem Based Learning has a significant effect on understanding the concept of students

Keywords: Problem Based Learning Model, Understanding Student Concept

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri Unggulan Kuningan pada mata pelajaran IPS konsep Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis Quasi Experimental Design, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 25 siswa dan VB yang berjumlah 27 siswa di SD Negeri Unggulan Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel, perbedaannya yaitu nilai rata-rata pretest = 53,11 menjadi 79,85 pada posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen. Sedangkan hasil belajar siswa kelompok kontrol nilai rata-rata pretest = 49,6 menjadi 59,4 pada posttest. Dan berdasarkan hasil uji t, menunjukan bahwa nilai t-hitung = 6,50 dengan signifikansi 95% diperoleh t-tabel = 2,96. Maka t-hitung (6,50) > t-tabel (2,96), artinya bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Haris, Muhammad. (2013). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD N Blondo 1 Magelang. Sarjana Pendidikan pada FIP UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan. Al Muchtar. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama. Arends, Richard I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: Mac Millan Publishing. Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Cahyo, Edo Dwi Cahyo. (2015). “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan PemahamanKonsep Dasar IPS dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Tersedia di http://onesearch.id/Record/IOS2897.17591 [diunduh tanggal 04 Juni 2017] Cheiriyah, Idha. (2008). Meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran Biologi melalui performance assesment. Dalam Jurnal Pendidikan Inovassi. Volume 3 (2). Daryanto. (2008). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Kanisius. Detsy. (2004). Teknik penilaian Prestasi Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Setia. Dewi Kurnia, Yulia. (2015). “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap PemahamanKonsep Mitigasi Bencana Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V (Penelitian Kuasi Eksperimen di SD Islam AlHasanah Ciledug, Tangerang. Tersedia dihttps://idtesis.com/model-problembased-learning-dalam-pembelajaran-sejarah/[diunduh tanggal 04 Juni 2017] Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara. Kusumawati, Nila. (2008). Pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan. Pdf. Free. Mergendoller,J.R, dkk. (2000). The Effectiveness Of Problem Based Instruction. Journal Of Education Research. Tersedia di: http://projects.coe.uga.edu/epltt/index .php? title=Proble Based Instruction[diunduh tanggal 04Juni 2017]. Endi, Nurgana. (1993). Statistik Penelitian. Bandung: CV Permadi. Oktafoura Suminar, Serra. dan Intansari Meilani, Rini. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi. Prianto, Agus. (2016). Diktat Statistik. Universitas Kuningan. Purwanto, M.N. (1994). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Ruseffendi, E.T. (1998). Statistika dasar untuk penelitian pendidikan.Bandung: IKIP Bandung Press. Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia. Sapriya. (2006). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama Suharsaputra, Uhar. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama Supriatna, Nana, Srie, Mulyani, & Ade, Rokhayati, Ade. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS. Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta. Prenadamedia Group. Trianto. (2009).Mendesain Model Pembelajaran InvatifProgresif. Jakarta: Kencana Prenada Group. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada. www.unpad.ac.id/wp.../UU20-2003-Sisdiknas.pdf diakses pada tanggal 01 Februari 2017. Vetsari. (2009). Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa. Surabaya: Kartika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.