Main Article Content

Abstract

Abstract: Characteristics of a child who has difficulty learning math is characterized by his inability to solve problems related to mathematical components. This research was conducted in class V SDN Muktiwari 02 because the students' ability in calculating the multiplication is still low. The use of bone napier in teaching multiplication is very interesting for students, both the clever and the less. The method used in this research is Action Class Action model of Kemmis and Mc. Taggart. This research was done twice the action. The results showed that the mathematics learning using napier bone table media can improve the students' mathematics learning outcomes. It is proven by the activity and the result of learning to write poetry of students on pre-cycle condition with an average score of 61.67. After doing the action by using media table of bone napier experience improvement that is on first cycle with average value 72,7 and second cycle average value 83,7. Therefore, learning by using napier bone table media, can improve the learning outcomes of mathematics.

Keywords: Media Table of Bone Napier, Difficulty Learning Math

Abstrak: Karakteristik anak yang mengalami kesulitan belajar matematika ditandai oleh ketidakmampuannya dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan dengan komponen-komponen matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Muktiwari 02 karena kemampuan siswa dalam menghitung perkalian masih rendah. Penggunaan tulang napier dalam mengajarkan perkalian sangat menarik bagi siswa, baik yang pandai maupun yang kurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali tindakan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media table tulang napier dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa pada kondisi awal pra siklus dengan nilai rata-rata 61,67. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media tabel tulang napier mengalami peningkatan yaitu pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 72,7 dan nilai rata-rata siklus kedua 83,7. Oleh karena itu, Pembelajaran dengan menggunakan media tabel tulang napier, dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Media Tabel Tulang Napier, Kesulitan Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Anggraeni, S. W. (2018). PENGGUNAAN MEDIA TABEL TULANG NAPIER DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.200

References

  1. DAFTAR PUSTAKA Aam. Pengertian Matematika. Tersedia online. http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2118693-pengertian-matematika/.2011. Diakses pada tanggal 12 September 2016 Abidin, MZ. Pengertian Matematika. Tersedia online. http://www.masbied.com/2012/02/18/pengertian-matematika/. Diakses pada tanggal 12 desember 2012 Anitah, S.W, dkk. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009. Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009. Burhanuddin, TR. Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. 2009. Departemen Pendidikan Nasional. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta, 2006 Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Model Pembelajaran Baca Tulis Hitung SD Perkalian Bilanangan Dua Angka dengan Bilangan satu Angka atau Bilangan Dua Angka.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal, 2004. Jamaris, M. Kesulitan Belajar: Perspektif, Assessmen dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni, 2009. Kasbolah, K.E.S. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud, 1998. Madya, S. Teori dan praktek penelitian tindakan (action research). Bandung: alfabeta. 2007 Moleong. L. J. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosda karya. 2010. Nuryani, A. Meningkatkan Pemahaman Perkalian Bilangan Cacah dengan Menggunakan Alat Peraga Benda-Benda Manipulatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2011 Pustaka Sekolah. Pengertian Matematika. Tersedia online. http://www.pustakasekolah.com/pengertian-matematika.html.2012. Diakses pada tanggal 12 Desember 2012 Rahardjo, M. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Tersedia Online. http://mudjiarahardjo.com/component/content/336.html?task=view. 2012. Diakes pada tanggal 14 Desember 2012. Sanaky, H. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.2011. Sangbahagia. Fungsi Pelajaran Matematika dan Tujuannya. Tersedia online. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2132429-fungsi-pelajaranmatematika-dan-tujuan/. 2011.Diakses pada tanggal 13 Desember 2012 Shadiq, F. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa. Tersedia online. http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/aa-litansiswa_wartaguru_.pdf. Diakses pada tanggal 11 Desember 2012 Sudjana, N dan Rivai, A. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010. Sufanti, M. Strategi Pengajaran dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010. Sujiono, Yuliani, N. Mengajar dengan Fortofolio. Jakarta: Indeks, 2010 Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail, 2007.