PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD

Anggy Giri Prawiyogi

Abstract


Abstract: This research is motivated by low mathematical understanding of students on the subject of wake up space. The research was conducted in class IVA at one of SDN Ciseureuh, Purwakarta district. The approach used is realistic mathematics by using the media in the form of objects that have been often the students meet everyday. The type of research used is PTK with the aim to know the activity and improvement of students' mathematical understanding after the application of realistic mathematical approach. The result of research indicate that realistic mathematics learning approach can improve mathematical understanding of IVA class student, besides it can also increase student activity. Increased understanding of students in the cycle I 64% and 88% cycle II. The percentage of mathematical understanding of each indicator in the first cycle as much as 48.8% of students in the category understood entirely then in cycle II increased to 62.4%. Based on the observation, student activity is increasing. By seeing the better improvement in each cycle it can be concluded that the realistic mathematics learning approach proved to improve students' mathematical understanding on the subject of building space in the class IVA at one of SDN Ciseureuh Keywords: A Realistic Approach to Mathematics, Improving Mathematical Understanding
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang. Penelitian dilakukan di kelas IVA pada salah satu SDN Ciseureuh, kabupaten Purwakarta Pendekatan yang digunakan adalah matematika realistik dengan menggunakan media berupa benda-benda yang sudah sering siswa jumpai sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan pemahaman matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan matematika realistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IVA, disamping itu dapat pula meningkatkan aktivitas siswa. Peningkatan pemahaman siswa pada siklus I 64% dan siklus II 88%. Persentase pemahaman matematis tiap indikatornya pada siklus I sebanyak 48,8% siswa pada kategori paham seluruhnya kemudian di siklus II meningkat menjadi 62,4%. Berdasarkan hasil observasi, terlihat aktivitas siswa semakin meningkat. Dengan melihat peningkatan yang semakin baik di setiap siklusnya maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik terbukti dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IVA pada salah satu SDN Ciseureuh. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Meningkatkan Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN Adjie, N. d. (2007). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press. Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Astuti, P. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal UIN Vol I, 25-36. Benu, S. (2000). Mengajar MAtematika Dengan Pendekatan Realistik. Retrieved from http://zahra-abcd.blogspot.com Burhanuddin, T. (2012). Model, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: UPI. Cahye. (2008). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Skripsi UPI Bandung: Tidak Diterbitkan. Graha, A. T. (2013). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemecahan Konsep Matematika Siswa. Pedagogy Vol II, 1-10. Hartono. (2011). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing. Hermawan, A, dkk. (2007). Belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Bandung: UPI Press. Junaidi, W. (2011). Pendekatan Matematika Realistik. Retrieved from http://wawan-junaidi.blogspot.com/2011/03/pendekatanmatematikarealistik.html Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud. Kusumah, W & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks. Misel. (2015). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Purwakarta: UPI Tidak Diterbitkan. Mulyani, S & Syaodih, N . (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka. Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2, 7394. Sugeng, M. (2004). Pengaruh Pembelajaran Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matemalika Unit Geometri pada Siswa Kelas III IPA SMU. Surakarta: Pasca Sarjana UNS. Sukamiyati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas IV SDN Timbulharjo. Jurnal UNY Vol II, 21-27. Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Susanti, Y. (2013). Pengaruh Aktivitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Jurnal UNP Vol 1 No 1, 50-62. Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup. Suwaningsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press. Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Trianto. (2012). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Putakarya. Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Yawisah, U. (2013). Reciprocal Teaching: One Of The Methods For Poor Comprehenders. Pedagogy Vol I, 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.