Main Article Content

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know the influence of learning method and cognitive style to students' science learning outcomes, especially in science subjects for elementary students. The research method used in this research is experiment with design treatment by level 2x2. The findings of this study indicate that: (1) there is a significant effect difference between the experimental learning method and the learning method of demonstration on the students' science learning outcomes. This can be proven from sig 0.000 <0.05 and F0 = 18.72; (2) There is no significant effect between cognitive style on students' learning outcomes. This can be proven from sig. 0.104> 0.05 and F0 2.737; (3) There is no interaction effect between learning method and student's cognitive style on science learning outcomes. It is marked by the sig value. for learning method and cognitive style 0.937> 0.05 and F0 =0.006. Key words: Method of learning, Experiment method, Science Learning Achievement Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA siswa, terutama pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah eksperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode belajar eksperimen dengan metode belajar demontrasi terhadap hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari sig 0.000 < 0.05 dan F0= 18.72; (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari sig. 0.104 > 0.05 dan F0 2.737; (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode belajar dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditandai dengan nilai sig. untuk metode belajar dan gaya kognitif 0.937 > 0.05 dan F0 0.006. Kata kunci: Metode Pmbelajaran, Gaya Kognitif, Hasil Belajar IPA

Article Details

How to Cite
DS, Y. N. (2018). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SISWA DI SDIT ALJIHAD PEDES KARAWANG. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.195

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Carin, Arthur. Dan Sund, Robert B. 1989. Teaching Science Through Discovery. Columbus: Merrill Publishing Company. Chain, Shandra E. Dan Evans, Jack M. 1980. An Involvement Approach to Elementary Science Methods. Columbus: Merrill Publishing Company. Depdikbud. 2005. IPA, Kurikulum dan Silabus IPA. Jakarta: Depdiknas. . 2005. IPA, Strategi dan Strategi Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Ciputat Press. Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. Semiawan, Conny. 1999. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: Grasindo. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.