PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI DIVISI QUALITY CONTROL PT. ABC)

  • Suroso

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Divisi Quality Control PT.ABC. Kemampuan sebuah perusahaan dalam memberikan motivasi kerja kepada karyawan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan dan berdampak pada hasil yang dicapai. Kinerja karyawan yang baik tentunya akan berpengaruh pada hasil kerja yang baik juga. Kepuasan kerja yang didapat karyawan menjadi salah satu penentu bagi terlaksananya dengan baik setiap target kerja yang diinginkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, motivasi kerja dan kepuasan kerja memiliki peran penting dalam kinerja karyawan dalam upayanya untuk meningkatkan kinerja karyawan di Divisi Quality Control PT.ABC.

Metode penelitian yang digunakan metode analisis kuantitatif.  Pengolahan data statistik dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan menggunakan teknik sensus sebanyak 83 orang karyawan pada divisi Quality Control.

Hasil analisis dan pembahasan didapat hasil analisis deskriptrif yaitu Motivasi kerja karyawan pada divisi quality control  PT. ABC sudah tinggi dengan skor nilai 301,6. Kepuasan kerja karyawan pada divisi quality control  PT. ABC sudah tinggi dengan skor nilai 316,1. Kinerja karyawan pada divisi quality control  PT. ABC sudah tinggi dengan skor nilai 320,7. Sedangkan analisis verifikatif yaitu terdapat pengaruh Motivasi kerja secara signifikan terhadap Kinerja karyawan pada divisi quality control  PT. ABC dengan besaran pengaruh sebesar 17,1%. Terdapat pengaruh Kepuasan kerja secara signifikan terhadap Kinerja karyawan pada divisi quality control  PT. ABC dengan besaran pengaruh sebesar 23,3%. Terdapat pengaruh signifikan Motivasi kerja dan Kepuasan kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada divisi quality control  PT.ABC dengan besaran pengaruh sebesar 28%.

 

KATA KUNCI: Motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan.

Published
2019-10-01