PENGARUH CITRA MEREK DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSIKA)

  • Dini Yani
  • Puji Isyanto
  • Uus MD Fadli

Abstract

Tujuan Penelitian, untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang Citra Merek dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Berbasis Android pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan verifikatif, yaitu : mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 182 responden dari populasi 380 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Methode Successive Interval (MSI), program computer Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

            Handphone berbasis android memiliki citra merek yang baik, Mahasiswa setuju berperilaku untuk membeli dan menggunakanya. Terdapat korelasi yang positif antara citra merek dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian, serta terdapat pengaruh parsial dan simultan dari citra merek dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Citra Merek, perilaku konsumen, keputusan pembelian.

Published
2019-10-01