Main Article Content

Abstract

Abstrak Perkembangan UMKM di Kabupaten Karawang yang terus meningkat merupakan sebuah tantangan dalam ersaingan bisnis. Ayam geprek “The Crunch†yang baru berdiri di tahun 2015 harus menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran ayam geprek “The Crunch†di Kabupaten Karawang yang sesuai dengan menggunakan analisis SWOT dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder yang berasal dari bisnis ayam geprek “The Crunch†dengan jumlah 30 butir pertanyaan yang mewakili setiap variabel Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis ayam geprek “The Crunch†masuk kedalam kuadran I mendukung strategi agresif dengan nilai peluang lingkungan sebesar 0,8 dan kekuatan internal sebesar 1,4 maka strategi yang harus dilakukan adalah penetrasi pasar, pertumbuhan pasar, pengembangan pasar melalui pengembangan dan inovasi produk serta melaksanakan strategi terintegrasi.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Faktor Internal-Eksternal, Matrik Internal-Eksternal

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  3. Almani. A Mohammadi dan Esfaghansary. M Ghanbarinejad 2011. Strategic Planing : A Tool for Managing Organitations ini Competitive Environments. Jurnal Islamic Azard University. Rasht. Hermawan, H. (September, 2017). Pengembangan Destinasi Wisata Pada Tingkat Tapak Lahan Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Pariwisata, Vol.IV No.2 .
  4. Ikhsan, S. &. (2011). Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang pisau, Kalimantan Tengah. Jurnal Agribsnis .
  5. Kotler, P. L. (2009). Marketing Management Thirteenthh Edition. Pearson Education.
  6. Kotler, Philip; Armstrong, Garry,2008. Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta. Kotler Philip, dan Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing, Global Edition,. 14 Edition, Pearson Education. Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentuka Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No.2 , 102-209.
  7. Porter,Michael,E.2008. Strategi Bersaing (Competitive strategy).Tanggerang:Karisma publishing group. Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
  8. Rangkuti, Freddy, 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Kompas Building.
  9. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Standar Usaha Restoran
  10. Badan Pusat Statistik. (2018). Ekonomi Triwulan II Tumbuh 5,27 Persen. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/08/06/1521/ekonomi-indonesia-triwulan-ii2018-tumbuh-5-27-persen.html
  11. http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis SWOT, diakses pada 25 Oktober 2018