PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANUGERAH AL-BAGHDADI MEBEL KARAWANG

Robby Fauji

Abstract


ABSTRAK

Anugerah Al-baghdadi Mebel merupakan perusahaan mebel yang berfokus pada berbagai jenis produk kursi tamu, sofa, lemari, kitchen set, bedroom, wardrobe room dan lain-lain. Perusahaan Anugah Al-baghdadi Mebel juga bergerak di bidang custom furniture manufacture, yaitu menawarkan jasa pembuatan custom furniture dengan ragam pilihan material sesuai permintaan pelanggan dan menjadi distributor di beberapa toko mebel. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Anugerah Albaghdadi Mebel Karawang. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Variabel diukur menggunakan instrumen kuesioner dan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode Sampling accidental dengan jumlah sampel 92 responden dari populasi 1.215 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI). Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan yaitu 1. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Lokasi memiliki tingkat hubungan yang kuat. 2. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Word of Mouth memiliki tingkat hubungan yang sedang. 3. Hubungan antara Lokasi dengan Word of Mouth memiliki tingkat hubungan yang kuat. 4. Terdapat pengaruh parsial Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian. 5. Terdapat pengaruh simultan antara Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. 6. Total Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth memiliki kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 83% sedangkan sisanya 17% merupakan kontribusi variabel lain (ε) yang tidak diteliti. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Word of Mouth, Keputusan Pembelian.


ABSTRACT

Anugerah Al-baghdadi Mebel is a furniture company that focuses on various types of guest chairs, sofas, cabinets, kitchen sets, bedroom, wardrobe rooms and others. Anugerah Albaghdadi mebel is also engaged in custom furniture manufacture, namely offering custom furniture manufacturing services with a variety of material choices according to customer demand and becoming distributors in several furniture stores. In general, this study aims to find out and explain the effect of service quality, location and word of mouth on purchasing decisions at Anugerah Al-baghdadi Mebel Karawang. This research method uses descriptive and verification methods. Variables were measured using a questionnaire instrument and the measurement scale used was a Likert scale. Samples were collected using accidental
sampling method with a sample of 92 respondents from a population of 1,215 people. Data analysis techniques used are Scale Analysis and Path Analysis techniques with the help of Method of Successive Interval (MSI). From the research analysis there are some conclusion that: 1. The relationship between Service Quality and Location has a strong level of relationship. 2. The relationship between Service Quality with Word of Mouth has a moderate level of relationship. 3. The relationship between Location and Word of Mouth has a strong level of relationship. 4. There is a partial influence of Service Quality, Location and Word of Mouth on purchasing decisions. 5. There is a simultaneous influence between Service Quality, Location and Word of Mouth on Purchase Decisions. 6. Total Influence of Service Quality, Location and Word of Mouth contributed to the Purchasing Decision of 83% while the remaining 17% was the contribution of other variables (ε) which were not examined. Keywords: Service Quality, Location, Word of Mouth, Purchase Decision.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Christina Widhya Utami. 2010. Manajemen Ritel, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta. Daryanto, 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Dharmmaesta & Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta. Djaslim Saladin dan Herry Achmad Buchory (2010). Manajemen Pemasaran (Teori Aplikasi dan Tanya Jawab), Linda Karya, Bandung. Fitzsimmons, James A and Mona J. Fitzsimmons. 1994. Service Management for Competitive Advantage. McGraw-Hill, Inc. New York. Ghanimata, Fify Anita. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Bandeng Jwana Elrina Semarang. eprints.undip.ac.id Husein Umar. 2002. Metode Riset Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Husnul Khatimah, Asiah Hamzah dan Nurhayani. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar.http://repository.unhas.ac.id J Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar, 2008, Perilaku Konsumen, Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip, Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles Of Marketing, 14th Edition, PrenticeHall Pearson, USA. Kotler, Philip. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 12. PT.Indeks. Jakarta. Kotler, Philip. dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga. Jakarta. Kotler, Philip. dan Keller, K.L. 2012. Marketing Management, 14th Edition, Prentice Hall Pearson, USA. M. Rizwar Ghazali dan Hidayati Retno. 2011. Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Membeli (Warnet XYZ jl.singosari Semarang). Undergraduate Thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. eprints.undip.ac.id Mimi SA. 2015. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Ranch Market. Jurnal Ekonomi/Volume XX, No. 01, Maret 2015 : 89-102 Mulyadi Nitisusantro, 2012, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Alfabeta, Bandung. Nugroho, Marno dan Ratih Paramita. 2009. Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja Dan Loyalitas Konsumen di Carefour Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Januari, Vol 10. no 1. Fadhila, Risa dan Sri, Rahayu Sri Astuti .2013. Analisis Pengaruh Word of mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Toko Leo Fashion Karangjati Kabupaten Semarang. Undergraduate Thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. eprints.undip.ac.id

Nur A'mirah Hassan Basri, Roslina Ahmad, Faiz. I Anuar, Khairul Azzam Ismail. 2016. Effect to Word of Mouth Communication on Consumer Purchase Decision : Malay Upscale Restaurant". Vol.222:324-332,doi:10.1016/jsbspro.2016 Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Ratna Dwi Kartika Sari dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang, Diponegoro Journal of Management Volume 1, No.1. Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajaemen (Edisi Kesepuluh). Erlangga, Jakarta. Sarwono, Jonathan. 2012. Path Analysis dengan SPSS. Elex Media Komputindo. Indonesia. Sekaran, U . 2006. Research Methods For Business, Edisi 4, Salemba Empat, Jakarta. Sernovitz, Andy. 2012. Word of mouth Marketing. Kaplan Inc, New York. Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Edisi 6. Tarsito, Bandung. Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian, Cetakan Keenam, CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV. Alfabeta, Bandung. Suwatno dan Donny. 2014. Manajemen SDM dalam Organisasi Politik dan Bisnis, Alfabeta, Bandung. Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya, Bandung. Tjiptono, Fandhy dan Chandra Gregorius. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandhy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Andi, Yogyakarta. Wibowo . 2010. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga. Rajawali Pers, Jakarta. Wijayanti, Irine Diana Sari, 2008. Manajemen, Mitra Cendikia Press, Yogyakarta. Zeithaml, Valerie A. dan Mary Jo Bitner. 2008. Pemasaran Stratejik, Andi. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.