PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEDES KABUPATEN KARAWANG

Tina Destiana Pratama

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Suatu Kajian Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan kepuasan Kinerja terhadap Kinerja Guru di SD Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang.
Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bahwa kinerja guru di lingkungan SD Kecamatan Pedes belum optimal. Hal ini diduga antara lain dipengaruhi oleh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kinerja guru. Dari bahasan tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengadakan penelitian di SD Se-Kecamatan Pedes. Masalah yang dibahas perlu dibatasi yaitu sejauh mana pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja guru. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Se-Kecamatan Pedes, sebanyak 146 orang. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil perhitungan deskriptif menunjukan bahwa berdasarkan persepsi responden mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprstasi dan Kepuasan Kinerja Guru SD Kecamatan Pedes serta Kinerja Guru berada pada kategori cukup baik. Sedangkan hasil analisis deskriptif melalui analisis jalur diperoleh nilai besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung menunjukan bahwa pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah secara langsung adalah sebesar 31,9%, mengaruh tidak langsung melalui motivasi berprestasi sebesar 17.0%. pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kinerja sebesar 25.3%, sehingga total pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 25.8%. Pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru adalah sebesar 17.0% dan total pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 25.3%,. Pengaruh langsung motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah sebesar 31,9%, pengaruh tidak langsung melalui manajerial kepala sekolah sebesar 5,18% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi guru adalah 25.8% dan total pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 17.0%.
Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas dalam menentukan kinerja (Y) adalah sebesar 74.2%. Sedangkan faktor lain yang tidak diteliti dan turut mempengaruhi kinerja ditunjukan oleh nilai PyЄ = 0.258 atau sebesar 25.8%.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja , Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku dan Jurnal :

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Cetakan Ketigabelas.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10): 11-21.

Bambang Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFE-YOGYAKARTA.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2000. BelajarPembelajaran. Semarang. IKIP : Semarang Press.

Engkoswara. 2010. Paradigman Manajemen Pendidikan. Bandung : Yayasan Amal Keluarga.

Hambalik Oesman. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Balai Pustaka.

Hambalik Oesman. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Angkasa.

Hamzah, Moh dan Ismail. 2009. “Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kejar Paket C PKBM Sultan Agung Kesambi Kota Cirebon”. Jurnal EduMa, 1(2): 101-112.

Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 25, No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.