DETERMINAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang)

Hani Febrian Agustin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian Determinan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Unsika ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Unsika dan Untuk mengetahui faktor apa dari bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P. Terdapat 8 (delapan) variabel diantaranya variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini adalah keseluruhan variabel-variabel bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P yang terdiri dari produk atau program studi (X1), harga atau uang SPP (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang (X5), proses (X6) pelayanan (X7). Variabel terikat (dependent variable) dalam penelitian ini adalah merupakan keputusan mahasiswa untuk memilih Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai tempat kuliah untuk mendapatkan pendidikan (Y) yang menunjukan kepuasan mahasiswa memilih Unsika, yaitu keseluruhan upaya atau tindakan mahasiswa yang secara langsung dalam usahanya untuk memilih Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan model analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Jumlah responden sebanyak 360 orang. Pengukuran yang digunakan dalam kuesioner dengan skala Guttman. Hasil penelitian didapatkan koefisien determinanya sebesar 0.664, yang artinya bahwa variabel produk atau program studi (X1), harga atau uang SPP (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang (X5), proses (X6) pelayanan (X7) mampu mempengaruhi keputusan mahasiswa sebesar 66,4%. Berdasarkan hasil uji parsial atau uji t diketahui bahwa variabel orang (X5) berpengaruh paling signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Unsika, dengan nilai sebesar 23,49%.Berdasarkan hasil tersebut perlu diperhatikan dan dipertahakankan serta dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap faktor tersebut, dapat diupayakan dengan melakukan upgrading atau peningkatan kemampuan terhadap tenaga pengajar atau dosen juga terhadap petugas administrasi kampus.

Kata Kunci : Determinan, Marketing Mix 7P, Keputusan Mahasiswa

ABSTRACT

This study has been conducted from July to October 2017. The aim of this study is to identify how much factor marketing mix 7P influenced to the decision of student in choosing University of Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) and to examine the factor of marketing mix 7P that is the most significant to students’ decision in choosing UNSIKA. There are 8 variables which are independent variable of this study is all the variable of markerting mix 7p that consist of product or study program (x1), university tuition (x2), promotion (x3), place/location (x4), people (x5), process (x6), servise) (x7),. while, the dependent variable of this study is the decision of students in choosing UNSIKA as the place in getting education (y). It showed the satisfication of students in choosing UNSIKA which are the effort of students in chooisng UNSIKA as the place of studying. The approach of this study is study case which has been conducted in UNSIKA. Therefore, this is descriptive quantitative study whose analysis method is multiple regression analysis. the data of this study were obtained by the answer of 360 students of UNSIKA as respondents through questionnaire. Hence, Guttman scales is used in this study. The result of this study is 0.644 as the determinant coeeficient which means variables such as product or study program (x1), (x1), university tuition (x2), promotion (x3), place/location (x4), people (x5), process (x6),influenced the choice of students value of 66.4%. moreover, the result parsial test or T-test showed that x5 is the has significant influence on students' choice in choosing Unsika value of 23.59%. Hence, the result can be concluded that the service need to be upgraded which can be done by developing of lecturers' ability in lecturing and administration of campus.

keywords: determinant, marketing mix 7p, choice of students

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akreditasi.net. 2017. Akreditasi Perguruan Tinggi di Karawang. (diakses pada tangga 11 Desember 2017)

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. 2015. Karawang dalam Angka Tahun 2015. karawangkab.bps.go.id (diakses pada Rabu, 12 April 2017 Pukul 15.30)

Engkoswara. 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan: Menyongsong Otonomi Daerah. Edisi ke-2. Yayasan Amal Keluarga. Bandung.

Hatten, Kenneth. J. dan Stephen, R. Rosenthal. 2000. Reaching for the Knowledge Edge. Amacom. New York. Hermawan Kartajaya. 2002.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Sevilla, C. G.et. al. 1960. Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.

Singarimba, Masri, Sofian Effendi. 2011. Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta. JakartaStanton, William. 1996. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Subandowo. 2009. Peningkatan Produktivitas Guru dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Pada Era Global. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Khazanah Pendidika, Vol. I, No. 2.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Undang Undang Dasar 1945 pasal 31.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003.

Unsika. 2017. Akreditasi. Karawang. (via Unsika.ac.id diakses pada tanggal 25 November 2017)

Paturochman, Maman. 2012. Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel (Untuk Penelitian Sosial Ekonomi). Unpad Press. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.