PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PERUM PERURI KARAWANG

Eva Varida Natalina MS

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh peran kepemimpinan dan promosi jabatan terhadap motivasi kerja yang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan Perum Peruri karawang.
Tesis ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen khususnya sebagai sumbangan pustaka ilmiah bidang manajemen sumber daya manusia, sebagai bahan referensi dalam penulisan ilmiah, sebagai bahan informasi, baik bagi pimpinan maupun rekan-rekan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dalam pelaksanaan manajemen berbasis kinerja, sebagai bahan pertimbangan dan input dalam mengambil keputusan dan menentukan arah kebijakan.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Korelasi kepemimpinan dengan promosi mempunyai nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,568.Dengan demikian korelasi peran kepemimpinan dengan promosi jabatan memiliki tingkat korelasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,599 (Sugiyono:2014:184) dan nilainya positif. Ini menunjukan bahwa jika kepemimpinan dengan promosi mampu meningkatkan kinerja karyawan jika dilakukan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar.
2. Besarnya pengaruh kepemimpinan yang secara langsung berpengaruh terhadap motivasi karyawan adalah 23,43%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi karyawan” dapat diterima.
3. Besarnya pengaruh promosi jabatan yang secara langsung berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan adalah 2,56%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “promosi jabatan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan” dapat diterima.
4. Secara simultan kepemimpinan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja melalui motivasi karyawan sebesar 25,99%. Sisanya yaitu sebesar 74,01% merupakan pengaruh yang datang dari faktor lain.
5. Besarnya pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan adalah 14,44%. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “motivasi berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja karyawan” dapat diterima.


Kata kunci : Peran Kepemimpinan, Promosi Jabatan, Motivasi, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Sumber Jurnal :

Antoni, Feri. 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orientasi Tugas dan Orientasi Hubungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Prestasi Kerja Pegawai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya, Tesis Universitas 17 Agustus Surabaya.

Brahmasari, Ida AyudanSuprayetno, Agus. 2008. PengaruhMotivasiKerja, KepemimpinandanBudayaOrganisasiTerhadapKepuasanKerjaKaryawansertaDampaknyapadaKinerja Perusahaan (Studikasuspada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). jurnalmanajemendankewirausahaan, vol.10, no. 2, september 2008: 124-135.

Ermayanti Dwi, Thoyib Armanu, 2001. Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Kantor Perum Perhutani II Surabaya, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Farid Yuli, 2011. Pengaruh Motivasi Kerja Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PDAM Eks karisidenan Surakarta.

Rezki Ramadhanni, 2014, Pengaruh Pelaksanaan Promosi Jabatan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Divisi Redaksi Pada Pt. Tribun Pekanbaru. Jurnal FISIP Volume 2 No.2 Oktober 2014.

Sugisno. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perusahaan dan Pencapaian Individu di Best Western Hotel Asean International Medan Sumatera Utara. Jurnal. (tidak dipublikasikan).

Tampubolon, Biatna. D. 2007. Analisis Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001. Jurnal Standardisasi No. 9, Hal: 106-115.

Pradana, Martha A., Bambang Swasto, D. Hamid. 2013. Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1) : 4

Yahyo, Handoyo Djoko W & Reni Shinta Dewi, 2013 , Pengaruh Motivasi Lingkungan Kerja, dan Kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui semangat kerja karyawan (Studi Kasus pada karyawan Melalui produksi CV. Putra Jaya Sahitaguna, Semarang), Diponegoro Journal of social and politic Tahun 2013, Hal 1 – 12.

Yanuarmawan, Dion. 2012. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Dikaji Menurut Teori Aldelfer. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, Vol.1. No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.