PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MANUFAKTUR DI KARAWANG (Studi Kasus di PT YPMI)

Taufiq Hidayatulah

Abstract


ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kepuasan kerja berpengaruh secara parsial maupun simultan, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruh kedua variabel motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sempel jenuh jumlah populasinya hanya 71 karyawan . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner kepada karyawan sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Kuesioner di buat menggunakan fasilitas di google form (formulir). Data dari pengukuran kuesioner masih berbentuk ordinal, maka semua data ordinal transformasi ke bentuk interval dengan menggunakan dengan metode MSI (Methods of Successive interval). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Metode Kuantitatif dengan menggunakan lima rumus Analisis Regresi Berganda, Analisis korelasi, Uji-t, Uji F dan Uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan perangkat lunak SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Namun, dari hasil uji t, variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh paling dominan bila dibandingkan dengan Motivasi. Hasil perhitungan SPSS pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan manufaktur di Karawang didapatkan Nilai Coefficients beta motivasi sebesar 0.250 dan kepuasan kerja sebesar 0.531 dan koefisien determinasi atau R-square adalah figur sebesar 0.544.
Kata kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Daftar Referensi

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia. Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Adhyasaka Hutama, Djamhur Hamid, dan Yuniadi Mayowan (2016) . Pengaruh Pengalaman Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi CV. Megah Sejahtera). Malang: Universitas Brawijaya.

Amalia, Lutfhi. 2014. Pengaruh Motivasi, Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan Dan Kekayaan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah. Uiversitas Terbuka.

Efendi, D. 2007. Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap Kinerja Individual: Studi Empiris Wirausaha Wanita di Kabupaten Ponorogo. Diakses dari www.unmuh-ponorogo. org.

Ega Apriliyantini dkk. 2016. Pengaruh pelatihan dan kepuasan kerja terhadap Produktivitas kerja karyawan bagian produksi. Singaraja: UPG.

Florida Desi, Rosa Widjoyo. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Tonasa. Jurnal.

Hadi, Riswanda. 2015. Analisis Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Mawatindo Road Constructions. Universitas Narotama

Henri Simamora. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husein Umar. 2007. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan paradigm Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, M. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Erlangga.

Made Karma. 2015. Hubungan Kepemimpinan, Motivasi Dan Kompensasi Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas Di Kota Denpasar. Denpasar.

Pandi Afandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Singgih Santoso. 2009. Panduan Lengkapa menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Susanto, L.G. 2008. Analisis Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja dan Gaji terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi, Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.Tidak dipublikasikan.

Tajuddin, S.J. (2012). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan terhadap Promosi Jabatan pada PT. Semen Tonasa Kan. Pangkep. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Tidak dipublikasikan.

Tubagus A Darodjat. 2015. Pentingnya Budaya Tinggi dan Kuat. Bandung : Refika Aditama.

Wahab, R.B. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mandiri. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Tidak dipublikasikan.

Wayan Juniantara. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Denpasar. Bali: Universitas Udayana.

Wibowo. 2015. Perilaku Dalam Organisasi Edisi 2. Jakarta: Rajawali Pers.Tajuddin, S.J. 2012. Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan terhadap Promosi Jabatan pada PT. Semen Tonasa Kan. Pangkep. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.