ANALISIS KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

  • Aji Tuhagana
  • Syifa Pramudita Faddila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis kepemimpinan terhadap kinerja
tenaga kependidikan. Cara seorang pimpinan dalam memimpin sebuah organisasi dalam
hal ini lembaga pendidikan dapat memberikan warna tersendiri terhadap suasana
lingkungan kerja yang dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh karyawan (tenaga
kependidikan). Hal tersebut dapat terjadi karena di dalamnya terjadi interaksi secara terus
menerus antara pimpinan dan yang dipimpinnya (bawahan). Dari interaksi yang terjadi,
akan memberikan efek dan pengaruh pada suasana kerja yang dirasakan secara langsung
oleh bawahnnya dan akan berimbas pada kinerja yang dapat bernilai positif dan juga
negatif tergantung bagaimana cara seorang pemimpin memimpin bawahannya. Fenomena
tersebut dirasakan pula di tempat penelitian yakni Universitas Buana Perjuangan
Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diolah menggunakan
aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data dengan melalukan wawancara dan penyebaran
angket kepada seluruh tenaga kependididikan di tempat penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa didapatkan antara variabel kepemimpinan dengan kinerja tenaga
kependidikan menunjukkan hubungan yang sangat rendah (0,366) dan berpola positif,
didapatkan pula nilai koefisien determinasi (R
2
) = 0,134 yang artinya variabel
kepemimpinan menjelaskan kinerja tenaga kependidikan sebesar 13,4%, sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji statistik didapatkan ada
hubungan antara kepemimpinan terhadap kinerja tenaga kependidikan (P-value < 0,05).
Persamaan regresi linier pada penelitian ini adalah Y = 31,832 + 0,374 X.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja Tenaga Kependidikan

The purpose of this study is to analyze the leadership style of the performance of educational
staff. The style of a leader in leading an organization in this case educational institutions
can provide its own color to the atmosphere of the work environment that can be felt directly
by all employees (educational staff). This can occur because in it there is continuous
interaction between the leader and the leader (subordinate). From the interactions that
occur, it will give a very strong effect and influence on the work atmosphere that is felt
directly by his subordinates and will impact on performance that can be positive and also
negative depending on how a leader leads his subordinates. The phenomenon that occurs
above, will also be felt at the research site, Buana Perjuangan University, Karawang.
Therefore, the author will conduct research in that field to analyze the leadership style that
exists in the research site and its effect on the performance of the education staff at Buana
Perjuangan University in Karawang. To complete this study, the authors used a quantitative
method and statistical data processing using the SPSS application. Data collection
techniques were carried out by conducting interviews and distributing questionnaires to all
education personnel at the research site. The results showed that the leadership variable with
the performance of educational staff showed a very low relationship (0.366) and positive
patterned, also the coefficient of determination (R2) = 0.134, which means that the
leadership variable explained the performance of the teaching staff by 13.4%, while the rest
influenced by other variables outside this study. Statistical test results found that there is a
relationship between leadership and the performance of the teaching staff (P-value <0.05).
The linear regression equation in this study is Y = 31.832 + 0.374 X

Keywords: Leadership, Performance of Educational Personne

Published
2020-04-01