PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI INSTRUMEN PENGADAAN BUKU PERPUSTAKAAN

  • Asep Jamaludin
  • Wanta
  • Yudi Firmansyah

Abstract

Paktor Sumber daya manusia (SDM) selain modal adalah sangat penting dalam mengelola suatu organisasi. Oleh sebab itu, sumber daya manusia harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan tata kelola organisasi, sebagai salah satu pungsi dalam perusahaan atau organisasi yang dikenal dengan” manajemen sumber daya manusia” (MSDM). Peningkatan sumber daya manusia harus ditingkatkan baik di daerah pedesaan maupun daerah perkotaan. Fokus bahasan ini adalah Bagaimana pengembangan sumber daya manusia di pedesaan dengan melalui insrtmen pengadaan buku perpustakaan di Desa . Karena pedesaan merupakan penopang ekonomi perkotaan. Apabila sumber daya manusia yang ada di desa meningkat itu bisa menjadi penopang bagi perkembangan di kota. Dengan adanya perpustakaan di desa akan membantu dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi . Dengan harapan jika sumber daya manusia meningkat baik di perkotaan maupun pedesaan, maka Negara Indonesia yang termasuk dalam negara berpenduduk banyak di dunia akan maju dan menjadi negara yang makmur dan sejahtera

Pepustakaan merupakan unit pelayanan, instansi, tempat, gedung, ruangan dimana terdapat kumpulan atau koleksi bahan perpustakaan. Perpustakaan sendiri bisa dilaksanakan dimana saja selama ada bahan pustaka, pustakawan dan pemustakanya. Dalam aturan/undand-undang disebutkan bahwa gerakan nasional gemar membaca dilaksanakan oleh Pemerintah dan pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh masyarakat. Selain itu juga pemerintah daerah sampai ke kecamatan dan desa juga berperan dalam membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat.

 

 

 

Oleh karena itu, minat baca masyarakat perlu ditingkatkan dengan adanya perpustakaan desa. Perlunya mem bangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat secara merata di berbagai daerah sehingga tercapai masyarakat yang cerdas yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perpustakaan desa enjadi sebuah wadah kegiatan belajar masyarakat terutama yang keluarga nya kekurangan ekonomi dan mendukung  peningkatan   kemampuan aksarawan baru dalam pemberantasan buta aksara sehingga tidak menjadi buta aksara kembali.

Pemerintah desa dalam penyelenggara pemerintahanny untuk mendukung pembangunan secara menyeluruh perlu dilengkapi dengan pasilitas-pasilitas yang mendukung terhadapat pembangunan terutamana pembangunan Desa  . Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan yang diperlukan oleh masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan dibentuknya perpustakaan. Program perpustakaan desa merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah yang mengacu pada” Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014. Pembuatan perpustakaan terutama di desa-desa di seluruh wilayah Indonesia itu adalah  untuk mendukung upaya pemerintah mengembangkan kehidupan masyarakat dan peningkatan sumber daya yang ada di masyarakat terutama”.

 

Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Perpustakaan

Published
2019-08-01