TEKNIK BUDIDAYA PEMBESARAN DAN PEMILIHAN BIBIT IKAN PATIN (STUDI KASUS DI LAHAN LUAS DESA MEKAR MULYA, KEC. TELUK JAMBE BARAT, KAB. KARAWANG)

  • Ade Suhara

Abstract

            Peningkatan jumlah konsumsi ikan pada masyarakat memerlukan penambahan jumlah produksi perikanan. Produk perikanan tersebut diperoleh dari kegiatan budidaya dan usaha penangkapan ikan. Namun, hasil tangkapan dari perairan umum telah berkurang sehingga diharapkan adanya usaha budidaya yang dapat berperan serta dalam penyediaan ikan-ikan yang diminati oleh masyarakat setempat.

            Pengembangan usaha budidaya sangat tergantung pada pengadaan benih. Semakin meningkat usaha budidaya, maka permintaan benih juga akan semakin meningkat pula, baik melalui Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di suatu daerah maupun dari usaha pembenihan milik rakyat. Dengan adanya usaha  pembenihan, diharapkan dapat membantu dalam mengatasi atau memenuhi permintaan benih yang semakin meningkat. Sehingga kekurangan benih bukan lagi merupakan kendala dalam kegiatan usaha budidaya.

            Usaha pembenihan merupakan usaha yang sangat penting dalam sektor budidaya perikanan, karena dalam melakukan budidaya faktor penyediaan benih adalah mutlak. Kekurangan benih ikan merupakan kendala bagi peningkatan produksi. Secara umum dapat dikemukakan bahwa kelemahan kegiatan pembenihan terletak pada rendahnya kelangsungan hidup yang biasanya disebabkan oleh kekurangan makanan, adanya perubahan suhu yang besar, faktor cahaya, salinitas, dan kadar oksigen terlarut.

Benih ikan yang diperoleh dengan cara pembenihan tradisional, tingkat keberhasilannya masih sangat terbatas atau rendah, dimana kemampuan dan peralatan yang biasa digunakan oleh petani masih terbatas. Untuk itu, supaya memperoleh hasil yang memuaskan atau maksimal, kita dapat melakukan pemijahan secara buatan supaya telur yang diperoleh atau didapat jumlahnya maksimal. Dalam penetesannya pun dapat dikontrol demi mendapatkan benih yang lebih banyak, baik dan berkualitas.

Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari bagaimana proses budidaya pembesaran ikan patin serta pemilihan bibit ikan patin yang unggul dan berkualitas, dengan menggunakan beberapa metode yang dilakukan guna untuk mendapatkan hasil jumlah produksi panen ikan patin yang sesuai dengan permintaan.

Kata kunci : Pembudidayaan Pembesaran, Kualitas Bbit.

Published
2019-08-01