ANALISIS KUALITATIF KANDUNGAN BAHAN KIMIA OBAT PREDNISON PADA JAMU REMATIK DAN PEGAL LINU DI DAERAH KARAWANG BARAT

  • Lia Fikayuniar Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
  • Ermi Abriyani Fakultas Farmasi, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Bahan Kimia Obat, Jamu, Karawang, Prednison, Kromatografi Lapis Tipis

Abstract

Semakin maraknya penggunaan obat tradisional berdasarkan khasiat yang turun temurun, semakin memperluas kesempatan terjadinya pemalsuan simplisia, bahkan ada beberapa jamu yang mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) yang telah jelas dilarang penambahannya, baik sengaja maupun tidak disengaja ke dalam obat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kandungan Bahan Kimia Obat (BKO) prednison pada jamu rematik dan pegal linu. Sampel jamu yang digunakan yaitu sebanyak sepuluh sampel jamu yang berbeda dengan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) sebagai metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya lima sampel jamu (yang positif mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) yang dianalisis dengan eluen etil asetat – kloroform dengan masing masing pebandingan 6:4 dan 8:2 sampel (A, B, C, E, dan J), 9:1 (A,B, C,E, F), dengan Rf yang sama dengan baku standar (prednisone p.a) dan memilik warna bercak biru-ungu.

References

Cosman, F. 2011. Osteoporosis. Yogyakarta: Panduan Kesehatan Wanita.

Fauziah, SS., Lestari, F., Lukmayani, Y., dan Aprilia H. Pengaruh Pemberian Jamu Pegal Linu Mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) Terhadap Fungsi Hati Tikus Wistar Jantan. Prosiding Penelitian SPeSIA Unisba, 2015, 96-103.

https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/144/BAHAYA-BAHAN-KIMIA-OBAT--BKO--YANG-DIBUBUHKAN-KEDALAM-OBAT-TRADISIONAL--JAMU-.html (Diakses pada tanggal 15 Agustus 2020).

Wirastuti, A., Dahlia, AA dan Najib, A. Pemeriksaan Kandungan Bahan Kimia Obat (BKO) Prednison Pada Beberapa Sediaan Jamu Rematik. Jurnal Fitofarmaka Indonesia, 2016, 3(1).
Published
2020-11-13