MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE

  • Fitria Nurapriani

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa SMP dengan pendekatan pembelajaran induktif dan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupaka kuasi eksperimen dengan desain tes pretest dan postest. Pengmabilan sampel dalam penelitian ini menngunakan sampel yang dipilih kelas yaitu terdiri dari siswa kelas VII sebanyak 31 kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data adalah tes, instrumen tes mencakup tes kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematik Kata kunci : Strategi TTW, kemampuan Komunikasi dan koneksi siswa

References

DAFTAR PUSTAKA

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar an Menengah. Jakarta : Depdiknas

Shadiq, F. (2007). Laporan Hasir Seminar Lokakarya Pembelajaran Matematika 15-16 Maret 2007 di P4TK Matematika Yogyakarta.

Wahyudin.(2008). Pemnelajaran dan Model-Model Pembelajaran (pelengkap untuk Meningkatkan Pedagogis Guru dan Calon Guru Profesional).Bandung:Belum dipublikasikan

Sumarmo, U. 2013. Kumpulan makalah Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. FMIPA UPI. Bandung.

Published
2016-11-18
Section
Articles