USULAN PENERAPAN METODE PERSEDIAAN PROBABILISTIK UNTUK MENGHITUNG KEBUTUHAN BAHAN BAKU DI PT. MEGAYAKU KEMASAN PERDANA KARAWANG

  • Fathurohman .

Abstract

Abstrak PT. Megayaku Kemasan Perdana merupakan perusahaan pembuatan kemasan jerigen plastik, bahan baku yang digunakan untuk memproduksi jerigen yaitu HDPE Titanvene, PP Cosmoplene, LDPE Cosmothene, dan Pewarna. Kebutuhan bahan baku pada PT. Megayaku Kemasan Perdana yang berfluktuatif dilihat dari keadaan pada waktu menjelang permintaan pemesanan jerigen banyak dari perusahaan lain. Sehingga berdampak terhadap stock bahan baku, yang dimana satu bulan cukup memenuhi kebutuhan produksi dan kadang bahan baku masih tersisa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengendalikan persediaan bahan baku yang optimal untuk mengefisienkan total biaya persediaan dengan menggunakan metode persediaan probabilistik model Q dengan back order. Prosedur pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melakukan analisis klasifikasi ABC untuk menentukan jenis bahan baku yang termasuk kedalam kategori A. Lalu setelah itudilakukan pengujian distribusi normal data kebutuhan bahan baku untuk mengetahui data tersebut normal atau tidak. Kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan metode persediaan probabilistik model Qback order. Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Metode Q probabilistik, Safety Stock, Biaya Total.

References

VII. DAFTAR PUSTAKA

Nur Bahagia, Senator., 2006. Sistem Inventori. Departemen Teknik Industri ITB, Bandung.

Tersine, R.J., 1988. Principles Of Inventory And Materials Management. Elsevier Science Publishing., Inc. New York.

Surianto, Agus., 2013. Penerapan Metode Material Requirement Planning di PT. Bokormas Mojokerto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, FEB UB. Juli 2013. Halaman 6.

Siska,. 2013. Analisis Sistem Pengendalian Persediaan Barang Dagang Pada PT. Sungai Budi di Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2013. Halaman 2.

Integra, Reka., 2013. Rancangan Sistem Persediaan Bahan Baku Kain Pada Kondisi Demand Probabilistik Dengan Kendala Luas Gudang* (Studi Kasus CV. Visa Insan Mandini). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Vol-1 No-1, Juli 2013, Halaman 78-91.

Integra, Reka., 2015. Ukuran Jumlah Pemesanan Optimal Komponen Wedge dan Taper Pada Mesin Bubut Dengan Mengguakan Model Q (Continuous Review Method). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol-3 No-3, Juli 2013, Halaman 78-91.

Sihotang, Rinto., 2012. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Model Persediaan Probabilistik Dengan Sistem Kuantitas Pemesanan Tetap Pada PT. Central Proteina Prima, Tbk Medan. Fakultas Teknik Universitas Sumatra Utara, Medan.

Published
2016-11-18
Section
Articles