PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA SMP

  • Dwi Sulistya Kusumaningrum

Abstract

Abstrak Kemampuan penalaran matematik merupakan bagian dari tujuan kurikulum bagi siswa sekolah dasar sampai menengah. Lebih lanjut kemandirian belajar matematik sendiri merupakan salah satu aspek afektif yang mendukung tercapainya pproses dan hasil pembelajaran yang baik dan di inginkan. Penelitian ini bertujuan menelaah peningkatan kemampuan penalaran dan kemandirian belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan kelompok pretest dan posttest. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMRI dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN di Kabupaten Karawang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas dipilih secara purposif dari lima kelas yang ada. Isntrumen penelitian ini berupa soal tes kemampuan penalaran matematik dan soal non tes berupa skala kemandirian belajar matematik siswa. Adapun analisis data menggunakan uji parametrik (uji t atau uji t’) dan uji non-parametrik Mann Whitney. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa (1) Pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMRI lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematik yang menggunakan pendekatan PMRI tergolong tinggi, sedangkan yang menggunakan pembelajaran konvensional tergolong sedang. (3) Kemandirian belajar matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PMRI lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Maka, pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat menjadi alternatif model pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama. Kata kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), kemampuan penalaran matematik, kemandirian belajar matematik

References

DAFTAR PUSTAKA

Bakker, A. 2004. Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools. Utrecht, the Netherlands: CD-β Press. p6.

Bezold, Angela & Silke Ladel. 2013. Reasoning In Primary Mathematics – An ICT-Supported Environment. â€WG 13 Papers CERME8 Manavgat-Side, Antalya – Turkeyâ€. p2-6.

Brenner, Mary E. 1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups By Language Minority Students Bilingual Research Journal, 22:2, 3, & 4, p109-128.

Kwon, Oh Nam. Conceptualizing The Realistic Mathematics Education Approach In The Teaching And Learning Of Ordinary Differential Equations. Seoul, Korea: Ewha Womans University, Department Of Mathematics Education.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM

Noornia, A. 2008. Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah yang disajikan pada kegiatan KOMSOF Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ . p12

Nunes, Terezinha. et.al. 2009. Development of Maths Capabilities and Confidence in Primary School. Research Report DCSF-RR118 University of Oxford. p3.

Panhuizen, Marja van den Heuvel. (2000). Mathematics education in the Netherlands: A guided tour. Utrecht, the Netherlands: Utrecht University. p3-4 [ON LINE] Tersedia: http://www.fi.uu.nl/en/rme/ TOURdef+ref.pdf

Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.Tgl 10-23 Oktober 2004.

Shanty, N. Octavarulia. 2011. Design Research On Mathematics Education: Investigating The Progress Of Indonesian Fifth Grade Students‟ Learning On Multiplication Of Fractions With Natural Numbers. Indonesian Mathematical Society-Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). p152-153

Sumarmo, U. 2013. Kumpulan makalah Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. FMIPA UPI. Bandung.

Tandililing, E. 2011. Peningkatan Komunikasi Matematik Serta Kemandiran Belajar Siswa SMA Melalui Strategi PQ4R Disertai Bacaan Refutation Text. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol. 2 No. 1. p12

Wijaya, Ariyadi. 2008. Design Research in Mathematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders’ Learning of Linear Measurement. Utrecht, the Netherlands: Utrecht University.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published
2016-11-18
Section
Articles