DAMPAK PERTUMBUHAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN KARAWANG

  • Santi Pertiwi Hari Sandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebijakan yang berkaitan dengan pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Karawang, (2) mengetahui dampak adanya pasar modern terhadap pasar tradisional di Kabupaten Karawang, (3) mengetahui upaya yang dilakukan Pemerintah dalam menjalankan Perda nomor 20 tahun 2016 tentang pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat pembelanjaan dan toko modern di Kabupaten Karawang.

Penelitian ini dilakukan dengan subyek pedagang pada pasar tradisional di Kabupaten Karawang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keberadaan pasar modern dan pedagang pasar tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha pedagang pasar tradisional di Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis kuantitatif menggunakan persentase (%), rerata atau mean (M), dan penghitungan Mean Ideal ( Mᵢ ). (2) Analisis kualitatif dilakukan melalui tiga komponen berurutan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)   Kebijakan yang berkaitan dengan pasar modern dan pasar tradisional yaitu Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012, Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor:70/M-DAG/PER/12/2013. Pemerintah Kabupaten Karawang pun telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2016 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.(2) Dampak adanya pasar modern terhadap pasar tradisional dilihat dari segi omset yang mengalami penurunan omset, penurunan pendapatan dan jumlah pelanggan mengalami penurunan yang cukup besar. (3) Upaya yang dilakukan Pemerintah dalam menjalankan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2016 masih minim.

 

Kata Kunci: Dampak, Pasar Modern,  Pasar Tradisional.

Published
2019-11-04
Section
Articles