ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN APLIKASI MEDIA SOSIAL WhatsApp MOBILE ONLINE

  • Shofa Shofiah Hilabi
  • Priati .

Abstract

ABSTRAK WhatsApp Messenger merupakan satu aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G,4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kepuasan pengguna pada layanan aplikasi media sosial WhatsApp pada Mobile Online. Pengukuran kepuasan ini didasarkan pada motif penggunaan media yang dikemukakan oleh Mc-Quali yaitu motif informasi (Survaillance), motif identitas pribadi (Personal Identity), motif integrasi dan interaksi sosial (Personal Relationship), dan motif hiburan (Diversion). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan kuesioner, dengan objek penelitian adalah 88 responden yang merupakan mahasiswa prodi sistim informasi Universitas Buana Perjuangan karawang yang sangat aktif menggunakan media sosial WhatsApp pada Mobile Online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive dan accidental sampling. Teori Uses and Gratification pengembangan dari Phillip Palmgreen digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Dan untuk melihat seberapa kepuasan pengguna terhadap layanan media sosial WhatsApp tersebut digunakan analis uji beda T-test dengan bantuan SPSS 20 . Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengguna Aplikasi WhatsApp di lingkungan Universitas Buana Perjuangan telah terpuaskan setelah menggunakan media sosial tesebut. Kata Kunci : Motif, Kepuasan, WhatsApp, Teori Uses and Gratification,SPSS

References

DAFTAR PUSTAKA

Agus,R,Budiyanto.j,â€Analisis Komunikasi Sosial Media Twitter sebagai Saluran Layanan Pelanggan Provider Internet dan Seluler di Indonesiaâ€, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence Vol. 3, No. 1, April 2017.

Airlangga, “Pengaruh E-Government Terhadap Kemampuan Knowledge Sharing Pemerintah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah DKI Jakarta), Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi , 5(2), 2012, 1-12.

Andayani.W,Agung,Jumilah, “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen (Sstudi Pada PT.Kereta Api (Persero) daop 8 surabaya)services quality and its Effects on the Consumer Satisfaction ,Jurnal ISSN 1-0199, Volume 13, J anuari 2010 Amelia,

Ellavie Ichlasa. 2015. Jumlah Pengguna Aktif Whatsapp Mencapai 800 Juta, http:// teknologi.metrotvnews.com/read/2015/04/20/388412/jumlah-pengguna-aktifwhatsapp-mencapai-800-juta (25 November 2015)

Amelia, Ellavie Ichlasa. 2015. Jumlah Pengguna Aktif Whatsapp Mencapai 800 Juta, http://teknologi.metrotvnews.com/ read/2015/04/20/388412/jumlah-penggunaaktif-whatsapp-mencapai-800-juta (25 November 2015)

Kadir. 2015. Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisa Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Kosasih, Natalia dan Sri Budiani. 2007. Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan:Studi Kasus Departemen Front Office Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Management Perhotelan. Vol. 3 No. 2.

Patton,Q.M, 2009,â€Metode Evaluasi Kualitatifâ€, Yogyakarta : Pustaka Pelalajar.

Pranowo.P,“Analisis Aplikasi WhatsApp Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.First Position Group†, STMIK Nusa Mandiri, 2016

Rohmadi, Arif. 2016. Tips Produktif Ber-social Media. Jakarta: Gramedia. Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitia Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Triono, J, Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, IAIN Semarang 2012

Wahyuni, Noor. 2014. Uji Validitas dan Reliabilitas.http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v -a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/ (1 Desember 2015)

Published
2018-11-01
Section
Articles