PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Dadan Ahmad Fadili, Rd. Dwi Yulianti S, Aji Tuhagana, Asep Jamaludin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan kerja dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan, Survei pada karyawan di PT. Bridgestone Tire Indonesia. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk menjelaskan pelaksanaan pelatihan, proses pengembangan SDM serta kondisi kinerja karyawan selama ini. Metode verifikatif path analsys digunakan untuk menjelaskan hubungan korelasional baik langsung maupun tidak langsung dari variable endogen dan eksogen yang diteliti. Sampel dikumpulkan menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling dengan total sampel 153 dari populasi 250 karyawan. Hasil penelitian menjukkan bahwa tedapat hubungan korelasional antara varabel pelatihan dan pengebangan SDM yang memungkinkan terjadinya hubunganj jalur dari ketiga variable yang diteliti. Pengaruh langsung dan tidak langsung Pengembangan SDM lebih tinggi dibandingkan dengan pelangaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

Kata kunci: Pelatihan Kerja, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Denny Triasmoko, Mukzam, Moch Djudi, Nurtjahyono, Gunawan Eko. 2014. Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian Pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Kediri. Universitas Brawijaya.

Febrisma Ramadhiya Findarti. 2016. Pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada kantor badan kepegawaian daerah provinsi kalimantan timur. Kalimantan Timur : Universitas Mulawarman.

Gusti Ngurah dan A.A Sagung. 2014. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada Krisna Oleh-oleh has Bali III. Bali : Universitas Udayana (Unud).

I Wayan Sutya Edy Kumara dan, I Wayan Mudiartha Utama, 2016. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepemimpinan Pada Hotel Satrya Cottages Kuta-Bali. Bali: Universitas Udayana.

Kasmir (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori dan Praktik. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Lijan Poltak Sinambela (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Melvin Grady Lolowang Adolfina Genita Lumintang (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Veithzal Rivai, Sagala, Ella.J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, dari teori ke praktik. Jakarta : Rajawali Pers.

Tubagus Achmad Darodjat, 2015. Konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia Masa kini. Bandung : PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.