PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP KINERJA AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA: STUDI KASUS KELAS INTERNASIONAL DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG (2017-2018)

Made Panji Teguh Santoso, Novian Ekawaty

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai tujuan jangka panjang memberikan penyadaran bahwa kompetensi para dosen Kelas Internasional Program Studi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang sangat mempengaruhi kepuasan dan kinerja akademik para mahasiswa mereka.
Kompetensi dosen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan mengajar secara paripurna, yang meliputi beberapa elemen yang saling berkaitan – pengetahuan, keterampilan, dan sikap – yang bermuara pada alih pengetahuan dari dosen tersebut kepada mahasiswanya. Kepuasan para mahasiswa yang disebutkan dalam penelitian ini adalah rasa nyaman para mahasiswa dalam belajar maupun setelah melihat hasil belajar mereka, yang berujung pada keinginan untuk ingin terus meneruskan masa belajarnya di institusi pendidikan tinggi tersebut. Kinerja akademik mahasiswa dalam penelitian ini merujuk pada pendekatan nilai total rata-rata semua mata kuliah yang diambil oleh para mahasiswa tiap semester dalam satu tahun kalender akademik.
Target khusus penelitian ini adalah memberikan gambaran konkret keadaan objektif kelas-kelas internasional di Prodi Manajemen dan Akuntasi FEB Unsika, untuk dapat dijadikan tolak ukur kualitas kegiatan belajar mengajar dan bahan evaluasi untuk perbaikan kualitas di masa depannya.
Menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini menempatkan kompetensi sebagai variabel independen, dan kinerja akademik serta kepuasan mahasiswa sebagai variabel-variable dependennya.
Kata kunci: kompetensi, dosen, kinerja, kepuasan, mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Marwansyah. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, Alfabeta, Bandung.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2008. Human Resource Management. 12th edition. Thomson South-Western, USA.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Cetakan Kedua. Ghalia Indonesia, Bogor.

Prawirosentono, Suyadi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Cetakan Kedua. BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta. Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cetakan Kelima. Refika Aditama, Bandung.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Cetakan Pertama. PT.Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan Ketiga belas. Alfabeta CV. Bandung.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

-----------. 2006. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan : Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Rajawali Pers : Jakarta.

Jurnal: Long, Choi Sang and Zaiton Ibrahim and Tan Owee Kowang. 2014. An Analyis on the Relationship between Lecturer’s Competencies and Students’ Satisfaction. International Education Studies. Vol. 7 No. 1. 2014. Canadian Center of Science and Education. ISSN 1913-9020. E-ISSN 1913-9039

Parasuraman, Berry and Zeithaml. An Empirical Examination of Relationships in an Extended Service Quality Model," Marketing Science Institute Research Program Series, December 1990, Report No. 90-122.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.