ANALISIS PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI OPERASI HITUNG DITINJAU DARI PERPSEKTIF STRATEGI HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ayu Fitri

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari jawaban siswa yang beragam ketika menyelesaikan masalah matematika. Untuk mengetahui beragam strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah, maka dilakukan analisis ditinjau dari perspektif heuristik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptip. Strategi yang muncul dalam memecahkan masalah pada operasi hitung siswa kelas IV yaitu beraksi, memilih notasi yang efektif, menebak dan menguji, menulis kalimat terbuka, mengidentifikasi informasi yang diinginkan, mengubah sudut pandang, membuat gambar. Kesulitan siswa dalam memecahkan masalah ialah membaca masalah, pengetahuan strategi, kesalahan perhitungan. Sedangakan faktor penyebab kesulitan ialah pengetahuan algoritma, bahasa, konseptual dan strategi. Kata kunci : Pemecahan Masalah, Strategi Heuristik

ABSTRACT This research is based on the results various student answers when solving math problems. To know the various strategies used in problem solving, then analyzed from a heuristic perspective. The research method used is qualitative descriptive research. Strategies that arise in solving problems in class IV student counting operations are in action, choosing effective notation, guessing and trying, writing open sentences, desired information, changing point of view, drawing. Difficulty in solving problems. While the factors causing knowledge, language, conceptual and strategy disturbances.

Keyword : Problem solving, Heuristic strategi

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud dan PT. Rineka Cipta.

Aisyah, N. (2008). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Askury. (1999). Kesulitan Belajar Matematika Permasalahan dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Th. V No. 1 Februari 1999, 137.

Bruun, F. (2013). Elementary Teachers Perspectives of Methematics Problem Solving Strategies. The Mathematics Educator, 23, 45-59.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Chu, Yun; Zheng Li; Yong Su. (2010). Heuristic in Problem Solving: The Role of Direction in Controlling. The Journal of Problem Solving, 3, 27-51. English, L. D., & Lesh, R. a. (2008). Future Directions and Perspectives For Problem Solving Research and Curriculum Development. Monterre, Mexico: Unpublished.

Krulik, & Rays. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Virginia: NCTM.

Martf, R., & Reincnelt, G. (2011). The Linear Ordering Problem, Exact, and Heuristic Methods in Combinatoral Optimization. Spinger, 17-40.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mateics ins.

Posamentier, A., & Krulik, A. (2009). Problem Solving in Mathematics Grade 3-6. United States of America: Corwin.

Schoenfeld. (1985). Mathematical problem solving. Orlando,Fl: Academic Press, Inc.

Schoenfeld. (1992). Learning to think mathematically: Problem Solving metacognition, and sense making in mathematics. In D. A Grouws Handbook of research on mathematics teaching and learning. New York: Macmillan.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdikdas Dirjen Dikdasmen PPPGMatematika.

Sikhafus, E. (2004). Heuristik for Solving TRehnical Problem. Grosse: Ntelleck LLC.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Tarsito

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Tambunan, H. (2014). Strategi Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech Vol. 6 No. 4 Desember 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.