PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA ATASAN-BAWAHAN DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI (Studi Kasus pada PD. Serba Jaya Tahun 2016)

Asep Jamaludin

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan hubungan antara gaya kepemimpinan, komunikasi organisasi dan budaya organisasi, sehingga dapat diketahui signifikansi hubungan antara gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi terhadap budaya organisasi. Penelitian ini adalah penelitian explanatori. Populasinya adalah seluruh karyawan berjumlah 62 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Teknik analisis menggunakan nilai indeks, crosstab, chi square, dan korelasi berganda dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan (1) analisis deskriptif karakteristik dari gaya kepemimpinan, komunikasi organisasi dan budaya organisasi termasuk dalam kategori sedang. Nilai indeks masing-masing, Untuk gaya kepemimpinan sebesar 49.05%, komunikasi organisasi sebesar 50.33%, dan untuk budaya organisasi sebesar 49.02%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antar gaya kepemimpinan terhadap budaya organisasi sebesar 66,6% dengan nilai signifikansinya < 0.05. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara komunikasi organisasi dengan budaya organisasi sebesar 72% dengan nilai signifikansinya < 0.05 (4) Terdapat hubungan keeratan yang positif dan signifikansi secara simultan antara gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi terhadap budaya organisasi dengan nilai R sebesar 77,2% dan nilai signifikansinya < 0.05. Hal ini berarti variabel terikat budaya organisasi dapat dijelaskan oleh variabel bebas yakni gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi sebesar 77.2%, sedangkan sisanya sebesar 22.8% dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan; Komunikasi Organisasi; Budaya Organisasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amiruddin. 2007. Fungsi Departemen Personalia dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol. 3, No.1. Hal. 9-16. Semarang. Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi kedua Cetakan ketigabelas. PT Raja Grafindo Persada Jakarta. Fikri. 2008. Pengaruh Tipe Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Harsono, Agus Yudi, (2015). Analisis Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Organisasi Antara Atasan-Bawahan Dalam Membangun Budaya Organisasi Di Lingkungan Sekretariat Dprd Kota Bengkulu. Jurnal Komunikasi KAREBA 4 (3) 328-343 Jurnal Aplikasi Manajemen: JAM. Vol. 6, No. 1. Halaman 98-103: Malang. Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpina, Apakah Kepemimpinan Abnorma itu?. Cetakan Kesembilanbelas. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta. Kohler, Jerry dan Applabaum, Ronald L (1981). Organizational Communicatin: Behavioral Perspective. New York: Holt Rinehart and Winstons. Muhammad, Arni. (2014). Komunikasi Organisasi. Cetakan Ketigabelas.PT. Bumi Aksara: Jakarta. Nurjanah.2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan “Tesis Pasca Sarjana Univesitas Diponogoro: Semarang. Pace, R. Wayne, Don F. Faules. (2010). Komunikasi Organisasi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Prasetyo, Lis.2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja, Jurnal Neo-Bisnis Vol 2,No.2, Desember:Surabaya. Robbins, Stephen P.(2003). Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan. Prenhallindo: Jakarta. Schein, Edgar H, (1991). Organizational Culture and Leadership, Oxford Jossey Bass Publisher: San Fransisco. Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian. (1995). Metode Penelitian Survei. Cetakan Kedua. PT Pustaka LP3ES Indonesia: Jakarta. Sobirin, Achmad. (2007). Budaya Organisasi Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. IBPP STIM YKPN: Yogyakarta. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis.Cetakan Keempat. Alfabeta: Bandung. Sutrisno, Eddy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesatu Kencana Prenada Media Group: Jakarta. Syafe’i, Darman. (2009). Organisasi dan Kepemimpinan dalam Islam Upaya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif dalam Dinamika Kepemimpinan. Jurnal Ekonomika. Vol. 2, No. 2. Halaman 37-45. Tambunan, E. (2005). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan: Medan. Tampubolon, Biatna Dulbert. (2007) Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Organisasi yang telah Menetapkan SNI 19-9001-2001. Jurnal Standarisasi Vol. 9 No 3: Medan. Thoha, Miftah. (2006). Kepemimpinan dalam Manajemen. PT. Raja Grafind Persada: Jakarta. Tika, Moh. Pabundu. (2006), Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. PT. Bumi Aksara.: Jakarta. Veyow, Miranda (2010). Pengaruh Kualitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Budaya Organisasi Pada Karyawan PT. Summarecon Agung. Tbk. Kantor Pusat. Skripsi Universitas Bina Nusantara: Jakarta Wibowo. (2013). Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Cetakan ketiga. Rajawali Pers Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.