ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN INDUSTRI KECIL DAN MENEGAH PADA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN KARAWANG

Dedi Mulyadi

Abstract


ABSTRAK
Permasalahan pokok yang dihadapi IKM adalah: rendahnya produktivitas, yang disebabkan oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang manajemen, organisasi, penguasaan teknologi, pemasaran. keterbatasan akses permodalan, penguasaan teknologi, manajemen informasi dan pasar. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kepedulian yang tinggi dari Disperindagtamben Kabupaten Karawang yang memiliki kepentingan dalam pemberdayaan IKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Disperindagtamben Kabupaten Karawang dalam memberdayakan IKM di Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menguraikan dan memaparkan masalah yang ada sehingga memperoleh gambaran tentang objek yang diteliti dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi serta di analisis lebih lanjut menggunakan metode analisis SWOT, strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), threats (ancaman). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, Strategi yang dilakukan oleh Disperindagtamben Kabupaten Karawang dalam memberdayakan IKM adalah dengan cara melakukan kegiatan dan program baik jangka pendek maupun jangka panjang, yaitu dengan cara bekerjasama dengan lembaga lain, baik pemerintah maupun swasta, dan dengan cara melaukan sosialisi, pelatihan, pembinaan, serta pendataan IKM. Sedangkan hal-hal yang mempengaruhi Disperindagtamben Kabupaten Karawang dalam mengembangkan IKM adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang berfungsi untuk memfasilitasi IKM, kurangnya partisipasi masyarakat dalam dunia usaha, serta teknologi dan informasi yang belum memadai. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan, Industri Kecil Dan Menegah (IKM)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, H.Buchari, 2007, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung. Amal, Ichlasul. 2004. ”Sistem Pemerintahan RI.” Jakarta: Lembaga Administrasi Negara. Arsyad, Azhar (2003;26). Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan & Eksekutif, Manajemen Strategik. David, Fred R. 2006. Strategic Management, Diterjemahkan oleh Ichsan Setiyo Budi, Edisi kesepuluh, Buku 1, Jakarta; Salemba Empat. Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2003. Strategic Manajemen, Edition 5. 1996. AddisionWesley Publishing Company Inc. Julianto Agung (Peterjemah). Manajemen Strategis. Andi.Yogyakarta. Ismail Yusanto dan M Kerebet Widjajakusuma, Manajemen Straegis dalam Perspektif Syariah. Kuncoro, Mudrajad, 2005, Strategi:Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Erlangga, Jakarta. Kusmuljono.(2009). Menciptakan kesempatan rakyat berusaha. Bogor: IPB Press. M.Suparmoko, dan Irawan, 2002, Ekonomika Pembangunan, BPFEYOGYAKARTA, Yogyakarta Machasin. Dosen Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unri (http://www.riaupos.co/1890-opini-strategi-pemberdayaan-umkm-.html). Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung. Nawawi, Hadari, Prof, Dr, H. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005. Nurhajati. 2005. Paradigma Baru Pengembangan Usaha Kecil Menengah untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi. Malang : UNISMA. Skripsi. Nursalam. 2010. Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Masyarakat Desa Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)

Mandiri. Malang. Skripsi. Pamungkas, Sigit. 2003. Evaluasi Program Pemberdayaan MM-DD. Bogor: FP-IPB. Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Sagala, Syaiful, Prof, Dr, H, M.Pd. ManajemenStrategikDalamPeningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010. Saiful Bahri. (2011). Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan dalam Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Skripsi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Siagian, P, Sondang, Prof, Dr, M.P.A. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004. Sudaryanto, Ragumin, dan Rina Wijayanti. 2014. Strategi Pemberdayaan UMKM Mengadapi Pasar Bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, BKF. Skripsi. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Umar, Husein. 2005. Strategic Management in action. Cetakan Kelima.Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. www.kemenperin.go.id Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.