Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

  • Resha Sapti Apriliani
  • Lusiana Rahmatiani
  • Erwin Susanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa dengan di terapkannya model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), siswa dan expert judgement. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan ialah triangulasi sumber. Permasalahan yang mendasar dalam penelitan ini adalah rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa akibat penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa saat diterapkannya model kooperatif tipe jigsaw  dalam pembelajaran PPKn.  Siswa mempunyai gairah untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Kemudian siswa ikut terlibat dalam kegiatan pembelajaran yaitu siswa maupun siswi ikut terlibat dalam kegiatan diskusi, mampu bekerja sama dan saling bertukar fikiran serta mempunyai keberanian untuk mengemukakan pendapatnya. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi Pertama, pihak sekolah sebagai pembuat kebijakan diharapkan memberikan adanya kebijakan agar model pembelajaran kooperatif ini dapat terus digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua, pihak sekolah harus menyediakan sarana berupa sumber belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Ketiga, guru hendaknya melakukan pendekatan yang lebih dengan memberikan suport dan arahan kepada siswa agar siswa yang belum siap menerima pembelajaran menjadi lebih termotivasi.

Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, PPKn, Motivasi Belajar

 

This research aims to investigate how students’ learning motivation increase with the jigsaw method of cooperative learning implementation in the learning process of Pancasila and Civics Education (PPKn) in 11th-grade students of SMK Negeri 2 Karawang. This research used a qualitative approach with a descriptive method. The subjects of this research are the teachers of Pancasila and Civics Education (PPKn), students, and expert judgment. The data collection techniques used in this research are interviews, observations, and context documentations. The data analysis method used in this research is source triangulation. The main problem of this research is the lack of students’ learning motivation that is caused by the implementation of the ineffective learning model. The result of research indicates that there is an increase in students’ learning motivation during the jigsaw method of cooperative learning implementation in the learning process of PPKn. Students have more interest to follow the class diligently. Additionally, students participated in various learning activities. They take part in class discussions, can work cooperatively, share their thoughts, and also have the courage to voice out their opinions. There are several recommendations from this research. First, the school as a policymaker is expected to create a policy in which this cooperative learning model can be used regularly in class. Second, the school should provide learning resources as the facilities therefore the learning objectives can be achieved. Third, teachers should make a more intensive approach by providing support and guidance to students therefore students who are not ready to follow the class become more motivated.

Keywords: Jigsaw Method of Cooperative Learning, PPKn. Learning Motivation

Published
2020-11-01
Section
Articles