Kajian Analisis Kebutuhan Air Bersih Bagi Warga Masyarakat dan Perusahaan (Studi Pada Kecamatan Ciampel, Kecamatan Klari dan Kecamatan Purwarasi)

  • Puji Isyanto
  • Dedi Mulyadi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan perusahaan. Manfaat penelitian diharapkan dapat menjadi  bahan  masukan  dan  rekomendasi terhadap penyediaan kebutuhan air bersih dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang mengambil sampel warga masyarakat yang dilaksanakan dengan cara mengambil  sampel dari satu populasi dan menggunakan  kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi karakteristik masyarakat,  identifikasi  persepsi  pengguna terhadap  penyediaan  air bersih kemudian dilanjutkan  identifikasi  aspek-aspek  yang  mempengaruhi  penyediaan  air bersih berdasar aspek-aspek yang berhubungan.

            Hasil penelitian ini secara  keseluruhan  dilihat dari  berbagai  aspek,  penyediaan  air  bersih pada saat ini, belum cukup memenuhi kebutuhan secara optimal. Dengan demikian penyediaan air bersih melalui perusahaan lain selain Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dapat  menjadi  salah  satu  alternatif  untuk  memenuhi  kebutuhan  air bersih. Semakin padatnya warga masyarakat dan perusahaan/industri,  maka  akan  dihadapkan  pada masalah penyediaan air bersih yang semakin besar. Sarana air bersih yang minim dengan sumber daya air  yang  semakin  terbatas menjadi satu kendala yang sangat berarti.  Semakin bertambah jumlah warga masyarakat dan perusahaan/industri maka akan semakin bertambah banyak sehingga kebutuhan air bersih juga semakin bertambah. Dengan demikian penyediaan air bersih dari sumber-sumber lain juga sangat diperlukan.

 

Kata kunci : kebutuhan, air bersih, masyarakat, perusahaan.

Published
2020-11-01
Section
Articles