PENGARUH E-PROMOTION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK DI PT. XYZ

  • Citra Savitri
  • Flora Patricia Anggela

Abstract

Kegiatan E-Promotion yang dilakukan oleh perusahaan terhadap produk yang dijualnya haruslah beriringan dengan kualitas produk yang dijual, karena banyaknya perusahaan yang berkompetisi perusahaan diharapkan mampu menciptakan produk yang bermutu tinggi serta berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan serta besarnya pengaruh E-Promotion, kualitas produk, terhadap minat beli konsumen pada PT. Bernofarm cabang Karawang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, dan bersifat deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini akan diuji apakah e-promotion dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Mengingat sifat penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan metode explanatory survey Hasil penelitian variabel E-Promotion menunjukan bahwa E-Promotion memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Beli yaitu sebesar 24.8%. Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap terhadap Minat Beli yaitu sebesar 53.8%. Berdasarkan hasil penelitian besaran angka pengaruh variabel E-Promotion adalah 24.8% dan Variabel Kualitas Produk sebesar 53.8%. maka dapat dinyatakan bahwa Kualitas Produk lebih banyak memberikan kontribusi terhadap Minat Beli dibandingakan dengan E-Promotion. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi antara e- promotion dengan kualitas produk sebesar 76.6%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa total pengaruh simultan E-Promotion dan Kualitas Produk sebesar 78.6%. sedangkan sisanya 21.4% merupakan pengaruh variabel lain (ɛ) yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Promosi, Kualitas Produk, Minat Beli Konsumen.

Published
2020-05-01
Section
Articles