PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN PAKET DI KARAWANG

  • Citra Savitri
  • Aji Tuhagana

Abstract

Perkembangan internet telah membawa banyak perubahan dalam aspek kehidupan manusia. Internet membuat semua menjadi lebih mudah dan cepat, perkembangan internet yang turut di imbangi perkembangan teknologi membuat hal- hal dalam kehidupan manusia lebih cepat dan mudah indonesia merupakan negara yang turut merasakan perkembangan tersebut,pengguna internet terus mengalami peningkatan setiap harinya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh e-service quality, harga dan kepuasan pelanggan pada Perusahaan Jasa khususnya Jasa pengiriman paket.

 

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode Sample Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang pengguna jasa pengiriman paket. Teknik analisis menggunakan Teknik sampling yang gunakan adalah non random sampling dengan teknik Sratified Proporsional Random Sampling menggunakan analisis linier berganda dan SPSS Statistics versi 23.

 

Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel e-service quality berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan analisis verifikatif membuktikan bahwa “e-service quality dan harga berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan”. Besarnya pengaruh e-service quality dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,278 atau 27,8% artinya bahwa besarnya pengaruh variabel e-service quality dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 27,8% sedangkan 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : E-service quality, Harga, Kepuasan Pelanggan

Published
2020-05-01
Section
Articles