PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH ISLAM AL-HAMȊD JAKARTA TIMUR

  • Ainur Alam Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh
kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru
secara simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan
korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu
guru-guru Sekolah Islam Al-Hamȋd Jakarta Timur. Sampel penelitian ini sebanyak 80 responden dari
total 100 guru di Sekolah Islam Al-Hamȋd Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan
adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya
Organisasi Sekolah Secara simultan terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Islam Al-Hamȋd Jakarta
Timur dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,500 dan koefisien determinasi (Rs
) sebesar 25%. Arah
pengaruh ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 44,471 + 0,324X1 + 0,370X2.. Dari persamaan
ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan Budaya
Organisasi Sekolah (X2) Secara bersama-sama akan diikuti kenaikan motivasi kerja guru (Y) sebesar
0,694 poin.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Budaya Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru.

This research aims to identify and test empirical data about the impact of managerial
competencies of the school principal and the organizational culture on teachers’ work motivation
simultaneously. In this research, I used survey method with correlational and regressional approach on
quantitative data obtained from the teachers of Sekolah Islam Al-Hamȋd, East Jakarta. The samples of
this research are 80 respondents from the population of 100 teachers at Sekolah Islam Al-Hamȋd, East
Jakarta. Datas were gathered through questionnaires distribution, observation, and documentation.
The datas then were analiyzed using correlation regression analysis which are elaborated
descriptively. The results of this research are there is positive and significant impact of organizational
atsmosphere on teacher’s work motivation and organizational atsmosphere on teacher’s work
motivation at Sekolah Islam Al-Hamȋd, East Jakarta simultaneously with coefficient of correlation (r)
of 0,500 and coefficient of determination (Rs
) of 25%. The regression equation is Ŷ = 44,471 +
0,324X1 + 0,370X2. This means that every 1 point increase of the school principal’s managerial
competences (X1) and the organizational atsmosphere (X2) is simultaneously followed by the increase
of teacher’s work motivation (Y) of 0,694 point.
Key words: managerial competencies, school organizational culture, teacher’s work motivation.

Published
2020-05-01
Section
Articles