PENGARUH LEVERAGE, STRUKTUR MODAL, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER), PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2015.

  • Citrasari .

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Leverage, struktur Modal, Profitabilitas, Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdapat di BEI tahun 2009-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, karena adanya variabel-variabel yang akan ditelaah hubungannya serta tujuannya untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar variabel yang diteliti, yaitu Pengaruh Leverage, Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Price Earning Ratio. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel 17 perusahaan. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut : 1. Nilai rata-rata leverage paling tinggi adalah PT. Megapolitan Tbk, nilai ratarata struktur modal paling tinggi PT. Agung Podomoro Land, Tbk, dan Nilai rata-rata Profitabilitas paling tinggi adalah PT. Lippo Cikarang, Tbk. 2. Nilai rata-rata PER paling tinggi adalah PT. Kawasan Industri jababeka Tbk. 3. Secara simultan Leverage, Struktur Modal dan Profitabilitas terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio. 4. Secara Parsial Leverage, Struktur Modal dan Profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi price earning ratio selain faktor-faktor yang diteliti pada tesis ini. Diharapkan dengan menambah faktor lain, informasi yang mempengaruhi price earning ratio akan lebih lengkap dan menyeluruh. Keywords : Leverage, Struktur Modal, Profitabilitas, Price Earning Ratio (PER). ABSTRACT Citrasari, 15132020082, Leverage Influence, Capital Structure, and Profitability to Price Earning Ratio (PER), on Property and Real Estate Company listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) Year 2009-2015. This study aims to analyze the Leverage, Capital Structure, Profitability, Price Earning Ratio (PER) in Property and Real Estate companies listed on BEI 2009-2015. The research method used in this research is descriptive method verifikatif, because of the variables that will be examined its relationship and its purpose to present the picture in a structured, factual, and accurate about the facts and the relationship between variables studied, the influence of leverage, capital structure and Profitability to Price Earning Ratio. This research was conducted at Property and Real Estate company listed in Bursa Efek Indonesia with sample number 17 companies. From the results of the analysis of research data, obtained the following conclusions: 1. The highest average leverage is PT. Megapolitan Tbk, the average value of the highest capital structure of PT. Agung Podomoro Land, Tbk, and the highest average value of Profitability is PT. Lippo Cikarang, Tbk. 2. The highest average value of PER is PT. Kawasan Industri jababeka Tbk. 3. Simultaneously Leverage, Capital Structure and Profitability there is a positive and significant influence on Price Earning Ratio. 4. Partially Leverage, Capital Structure and Profitability have positive and not significant to Price Earning Ratio. Based on this, further research is needed on the factors that influence the price earning ratio in addition to the factors studied in this thesis. Expected by adding other factors, information affecting price earning ratio will be more complete and comprehensive. Keywords: Leverage, Capital Structure, Profitability, Price Earning Ratio (PER).

References

DAFTAR PUSTAKA Baridwan, Zaki.2004.Intermediate Accounting,Edisi Kedelapan.Yogyakarta: BPFE. Griffin, Ricky W.2004. Manajemen, Alih bahasa Gina Gania, Edisi ketujuh, Jakarta:Erlangga. Harjito, Agus. 2010. Manajemen Keuangan, Edisi ketiga.Yogyakarta : Ekonisia. James C. Van Horne dan John M. Wachowichz.2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi kedua belas. Jakarta : Salemba Empat. Kasmir.2014.Analisa Laporan Keuangan.Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ksenija Dencic-Mihaljov. 2015.Impact of Account Receivable Management On The Profitability During The Financial Crisis. Eropa: University of Nis Riyanto, Bambang, 2011.Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Published
2018-03-29